Mengatasi Badan Capek Tapi Susah Tidur - BUNDAKITA

Mengatasi Badan Capek Tapi Susah Tidur

Posting Komentar

BundaKita - Sangat penting mengatasi badan capek tapi susah tidur karena besoknya kita harus kembali ke rutinitas bekerja lagi. Biasanya kita selalu mengandalkan istirahat untuk mengembalikan energi demi hari selanjutnya.

Namun tidak disangka terkadang ketika seharian capek bekerja, namun tidak juga membuat badan bisa langsung diajak istirahat. Meskipun mata sudah dipejamkan, namun perasaan juga tidak segera bisa terlelap. Apa penyebab dan cara mengatasi masalah ini?

Mengatasi Badan Capek Tapi Susah Tidur


Penyebab Badan Capek Tapi Susah Tidur

Menurut Hello Sehat terdapat 3 penyebab mengapa tubuh bisa tidak tidur padahal sudah merasa capek. Yaitu pertama hormon kortisol, sebagai hormon yang berperan dalam stres. Kita bisa mengalami insomnia ketika hormon ini terlalu banyak dirasa, sehingga lebih gelisah sebelum bisa tidur.

Kedua adanya kondisi mental yang kurang sehat, hal ini mengganggu kondisi emosional dan fisik. Tidak bisa tidur meskipun badan sudah bekerja seharian. Perasaan cemas dan sedih akibat dari kondisi kesehatan mental yang terganggu dapat dialami oleh mereka yang sulit tidur.

Gangguan tidur ini terjadi karena Restless Legs Syndrome (RLS) membuat kaki tidak nyaman ketika tidur. Hal ini membuat badan menjadi kelelahan akibat gerak kaki yang membuat kelelahan. Apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi badan capek tapi susah tidur?

Cara Mengatasi Badan Capek Tapi Susah Tidur

Tidak bisa tidur membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Rasa tidak nyaman karena hal ini dapat memperburuk kondisi kesehatan anda. Maka dari itu, perlu beberapa cara untuk bisa tetap tidur meskipun badan capek dan sulit tidur.

Mengurangi Paparan Cahaya Sebelum Tidur

Salah satu barang yang memberikan intensitas cahaya ke mata dan wajah adalah gadget. Untuk kondisi tidur yang lebih nyaman, setidaknya jangan membuka ponsel 30 menit sampai 1 jam sebelum tidur. Karena cahaya yang terang membuat tubuh mengira bahwa kondisi terang adalah tidak cocok untuk tidur.

Berhubungan dengan hormon tidur melatonin yang terganggu membuat otak memperkirakan kondisi harus terjaga akibat cahaya. Kondisi ini akan membuat tubuh sulit tidur. Sehingga sangat penting untuk menghindari intensitas cahaya tinggi sebelum berbaring di tempat tidur.

Melakukan Aktivitas Penunjang Di Malam Hari

Membaca buku, menulis, mendengarkan musik, mandi air hangat bisa dijadikan alternatif untuk anda yang susah tidur meskipun badan telah capek. Kegiatan ini kadang kala akan mengundang rasa kantuk. Cobalah beberapa kegiatan berpikir tersebut sebelum mengantarkan diri untuk tidur.

Meditasi juga merupakan alternatif yang dapat anda lakukan. Hanya dengan berdiam diri dengan posisi rileks duduk dan membiarkan segala sesuatu berlalu dalam pikiran adalah kuncinya. Bagi mereka yang beragama atau memiliki kepercayaan, bisa dengan menyebut nama-nama Sang Pencipta. Atau dengan melakukan pujian-pujian, mengharap energi positif masuk dalam diri sehingga bisa tidur.

Menghindari Makanan Dan Minuman Mengandung Kafein

Kandungan kafein membuat anda tetap terjaga, apalagi untuk tubuh yang sensitif. Cara mengatasi badan capek tapi susah tidur adalah menghentikan konsumsi kopi dari sejak sore hari. Memang kopi akan membuat hidup lebih produktif karena terhindar dari rasa kantuk. Akan tetapi buat anda yang sensitif, minum kopi sedikit saja bisa membuat malam terjaga. Lebih baik menghindarinya untuk kualitas tidur yang lebih baik.

Berolahraga Akan Mengatasi Badan Capek Tapi Susah Tidur

Kekurangan aktivitas fisik membuat tubuh tidak memproduksi hormon melatonin. Kondisi pikiran memang capek, tapi tidak dengan kondisi fisik yang tidak demikian. Jika anda bekerja seharian di depan komputer atau kurang bergerak namun asupan makan terlalu banyak. Ini merupakan pola hidup yang tidak sehat.

Rutinkan untuk melakukan olahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu. Tubuh akan benar-benar mengeluarkan tenaga dan menjadi lebih capek dari biasanya. Olahraga tidak mesti harus capek. Tapi intinya adalah membakar energi dan memunculkan rasa capek sehingga tubuh memproduksi hormon tidur dengan baik.

BundaKita
Cuman Seorang Bunda / Emak yang Mencurahkan Segala Sesuatu ke Media Online, contohnya Blog ini. ^_*

Related Posts

Posting Komentar