Cara Mengatasi Rambut Bercabang ala BundaKita

Cara mengatasi rambut bercabang harus dipahami, khususnya untuk Anda yang alami masalah satu ini. Dengan mengenali langkah menanganinya, bisa membuat Anda kembali mempunyai rambut sehat.

Permasalahan rambut bercabang dapat disebut sebagai masalah 'sejuta umat'. Walau tidak mempengaruhi kesehatan, rambut bercabang dapat mempengaruhi performa. Masalahnya rambut bercabang umumnya kelihatan lusuh hingga kurang enak dilihat.

Ada banyak pemicu rambut bercabang, seperti pancaran cahaya matahari, penataan rambut dengan memanfaatkan hawa panas, produk perawatan rambut yang memiliki kandungan zat kimia, atau proses pewarnaan.

Dengan mengenali pemicunya, dari saat ini Anda dapat menghindarinya hingga rambut Anda masih tetap cantik, sehat, dan menarik.

Tetapi, jika Anda telah terlanjur mempunyai rambut bercabang, tidak boleh terlampau cemas. Ada cara-cara yang dapat Anda kerjakan untuk menanganinya.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang


Berikut cara mengatasi rambut bercabang secara simpel dan efisien

Jagalah rambut saat ada di ruangan terbuka

Paparan matahari bisa mengakibatkan rambut bercabang. Bila kegiatan masih harus mewajibkan banyak berada di luar ruang, Anda dapat menanganinya dengan menggunakan topi atau memakai payung.

Pemakaian perlindungan tambahan ini memungkinkannya Anda terus melakukan aktivitas dan rambut selalu terlindungi sehat.

Pakai masker dengan teratur

Rambut bercabang muncul karena keadaan rambut yang condong kering. Karenanya, pemakaian masker rambut menjadi salah satu diantara langkah kunci agar rambut selalu lembab.

Masker rambut dapat dibuat berbahan rumahan. Telur dan madu misalnya . Maka, Anda dapat hemat karena tidak perlu memakai masker yang harganya kuras kantong.

Kuning telur sebagai sumber protein yang sanggup merangsang perkembangan rambut dan membenahi kerusakan. Dan madu memiliki kandungan humectant, yang bekerja jaga kelembapan dan melapis rambut supaya masih tetap sehat.

Langkah membuat masker rambut di dalam rumah, yaitu campur kuning telur dan dua sendok madu murni. Lantas berikan mulai tengah sampai sisi ujung rambut. Biarkan sepanjang 45 menit, selanjutnya basuh bersih bersama air bersuhu sedikit hangat.

Usapkan lidah buaya saat sebelum membersihkan rambut

Bahan alami yang lain bisa dipakai untuk menangani rambut bercabang ialah lidah buaya.

Kupas kulit paling luar tanaman lidah buaya dan berikan sisi gel di dalamnya pada rambut. Biarkan sepanjang 30-40 menit, selanjutnya basuh bersih dengan shampo yang halus.

Pemakaian lidah buaya ini akan sedikit terasa lekat dan tidak nyaman. Tetapi, lidah buaya bagus untuk mempertahankan kesehatan rambut.

Semua manfaatnya tidak terlepas dari peranan enzim proteolitik yang berada di dalam lidah buaya. Enzim ini bekerja merusak sel-sel kulit mati pada akar rambut hingga saluran gizi bisa berjalan maksimal sampai ke sisi ujungnya.

Jauhi membersihkan rambut sama air terlalu hangat

Satu antara kekeliruan saat membersihkan rambut ialah pemakaian air yang temperaturnya terlampau panas. Kebiasaan ini bisa membuat rambut jadi kering dan gampang bercabang.

Karenanya, lakukan memakai air bersuhu netral atau hangat suam kuku jika akan membersihkan atau mencuci rambut sesudah keramas. Begitupun ketika akan mencuci sesudah memakai masker perawatan.

Cukur rambut secara berkala

Pada intinya, sisi rambut paling ujung adalah tempat yang paling ringkih dibanding pangkal atau tangkai rambut. Lumrah, karena sisi terujung mempunyai umur paling 'tua' dan berada paling jauh dari akar rambut si pemberi gizi.

Keadaan berikut yang membuat ujung rambut tersering alami permasalahan, termaksud rambut bercabang.

Karenanya, potong rambut secara berkala. Bila tidak inginkan perubahan wujud berlebihan, cukup kerjakan pemangkasan sisi ujung rambut atau trimming minimal sebulan sekali.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url