Modus Penipuan Box Meteran Listrik

Pada beberapa hari lalu di bulan januari tahun 2022, emak satu ini yang sedang enak-enaknya nonton televisi, kedatangan tamu yang mengatasnamakan PLN. berikut adalah cerita asli saya mendapatkan sebuah kesempatan yaitu box pengaman meteran yang katanya gratis dari PLN.

Modus Penipuan Box Meteran Listrik



Satu orang ketuk pintu dan langsung emak bukakan pintu, eh orang tersebut langsung menyebut suami saya, dan langsung menyodorkan sebuah box pengaman meteran listrik, orang ini menyebutkan bahwa box tersebut adalah barang gratis, ibu ini serasa kaya masuk kedalam ruang lingkupnya dan berasa kaya mengikuti alur dari pembicaraan tersebut.
box meteran listrik


Kena Tipu Box Meteran Listrik

Akhir dari cerita ini adalah, barang tersebut tidaklah gratis saya diberikan kwitansi yang menegaskan bahwa kotak tersebut seharga 45.000 rupiah dan ongkos kirimnya 5000 rupiah, alhasil saya harus membayarnya karena berasa meyakinkan.

Alasan emak ini menerima box tersebut adalah :

  • Meteran listrik kami tergolong baru beberapa bulan lalu
  • Belum ada pelindungnya
Jadi menurut saya ini terlalu meyakinkan menurut saya, box akhirnya saya bayar dengan harga 50.000 rupiah, dengan pemasangan kotak pada tanggal 25 januari ini, kita lihat saja bakal saya update di artikel ini juga.

Kwitansi Modus penipuan meteran listrik

Setelah semua terjadi!

Beberapa menit setelah proses jual beli selesai, saya langsung cek tentang berita tersebut dan mengecek harga dari pelindung meteran listrik ini.

Harga box pelindung meteran

Harga di online shop hanya sekitar 25.000 sampai dengan 30.000 rupiah saja.

Klarifikasi dari PLN

Dijelaskan di website kompas, bahwa PLN hanya menjual stroom* (listrik) saja. Tidak menjual apapun selain Listrik

Jika ada oknum yang menawarkan kotak meteran dengan atas nama PLN, dapat dipastikan itu adalah modus penipuan yang bukan resmi dari PLN. Jika ada pertanyaan atau keluhan yang ingin disampaikan langsung saja menghubungi call center 123

Hal yang aneh terbesit

Ada beberapa hal yang aneh membuat saya kebingungan, berikut saya jelaskan di bawah list ini :
  1. Di desa saya ada 3 orang yang baru memasang meteran listrik baru, nah mengapa yang kedatangan orang tersebut hanya 3 rumah itu dan langsung tahu nama dari meterannya.
  2. Orang tersebut juga tahu bahwa ini meteran baru
Aneh kan, apakah data ini bocor, atau cerita gosip yang bisa menyebar sampai ke orang tersebut, kok oknum tersebut bisa tahu ini meteran listrik baru dengan nama lengkap jelas.

Kesimpulan :

  • Jangan asal percaya dulu ya bunda jika ada orang datang.
  • Jika kamu sendirian dirumah jangan asal terima orang yang tidak kamu kenal
  • Jika memaksa usahakan ajak ke tetangga atau cari teman dulu sebelum berbincang
  • Usahakan jangan terlalu fokus ke bibir atau mata, karena rawan kamu bisa terhipnotis

Update di  2/2/2022

  • Sales diatas berjanji tanggal 25 januari 2022 akan memasang kotak tersebut. tapi sampai update tanggal diatas belum ada juga, jadi fix ini benar-benar modus ya



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url