Cara Membersihkan Oyong - BUNDAKITA

Cara Membersihkan Oyong

Posting Komentar

BundaKita - Sebenarnya tidak ada hal khusus dalam cara membersihkan oyong. Namun anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum dan setelah melakukan pembersihan terhadap oyong. Jenis sayur yang keras dan kasar bagian luarnya ini seringkali kita masak bersama dengan bayam. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam mencuci jenis sayur ini?

Cara Membersihkan Oyong


Cara Membersihkan Oyong Dan Sebelumnya Memilih Bahan Tersebut

Memilih Oyong

Sebelum melakukan pembersihan, ada baiknya memilih oyong yang bagus. Ciri-cirinya yang perlu anda perhatikan yaitu:

  • Pilih oyong yang masih muda, hijaunya tidak terlalu tua
  • Jangan pilih tekstur keras sekali (terlalu tua)
  • Tidak ada bercak hitam atau lubang hitam yang terlalu banyak
  • Kulit tidak terlalu kering


Jika oyong terlihat tidak segar dan terlalu banyak bintik hitam, maka biasanya dimasak jadi tidak enak. Terlalu kering menandakan bahwa oyong terlalu lama disimpan atau terlalu tua. Karena jika iya, isi dari sayur tersebut tidak bisa dikonsumsi.

Cara Membersihkan Oyong

Mencuci Dahulu Sebelum Dipotong

Rendam oyong sekurang-kurangnya selama 5 menit. Setelah itu cuci dengan air mengalir dengan menggosok bagian luar kulitnya. Bersihkan setiap bagian dengan seksama. Hal ini akan menghilangkan pestisida jika masih ada disana. Tiriskan hingga agak kering dan oyong bisa dipotong.

Sebagian bunda mungkin menggunakan air yang telah diberikan cairan detergen atau pencuci piring. Ini bergantung pada selera masing-masing saja. Karena ada yang tidak suka dengan aroma sabun cuci piring menempel di sayur. Meskipun hal ini lebih bersih dari kuman dan melunturkan pestisida jika ada.

Memotong Dulu Baru Dicuci

Ada juga yang memotong sesuai ukuran yaitu 1 cm untuk kemudian dimasukkan dalam wadah. Dicuci di bawah air yang mengalir satu persatu. Hal ini memang akan lebih mudah karena biasanya bentuk oyong yang memanjang membuat kita agak kesulitan buat membersihkannya di tempat cuci piring.

Namun cara membersihkan oyong yang sebelumnya dipotong dulu itu memiliki kekurangan. Getah pada sayur gambas ini punya beberapa manfaat seperti anti mikroba. Getah bisa ikut hilang jika dipotong terlebih dahulu. Tapi untuk mereka yang punya alergi dengan getahnya, cara ini bisa diterapkan.

Memotong Kulit Luar

Bagian kulit yang kasar kemudian dipotong dengan pisau. Jangan terlalu dalam, cukup kulit yang terasa kasar saja. Hal ini akan memudahkan anda dalam melunakkan sayuran yang menggantung ini.

Setelah dipotong, sayur gambas ini tidak perlu dicuci lagi. Cukup melalui 1 kali proses membersihkan saja. Bahan ini siap untuk dijadikan tumis atau sekedar sayur.

Membersihkan sayur gambas atau oyong ini sangat penting sebelum dikonsumsi. Proses memasak yang matang selanjutnya juga penting. Ini akan menghilangkan kuman dan jika ada kontaminasi telur cacing juga.

BundaKita
Cuman Seorang Bunda / Emak yang Mencurahkan Segala Sesuatu ke Media Online, contohnya Blog ini. ^_*

Related Posts

Posting Komentar