Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara agar Anak Senang Makan Sayur

Tidak dapat dipungkuri, banyak anak-anak yang tidak menyenangi makan sayur. Itu kenapa, langkah supaya anak suka makan sayur harus dipahami beberapa orangtua.

Ketidaksenangan anak pada sayur, serta beberapa buah tertentu, dapat berpengaruh buruk untuk perkembangan baik fisik atau otak. Masalahnya di umur mereka, anak-anak memerlukan banyak konsumsi gizi, seperti mineral dan vitamin, supaya perkembangan mereka maksimal.

Sebagian besar anak tidak suka makan sayur karena tidak menyenangi rasanya, yang kemungkinan berasa asing untuk mereka. Ada juga yang memandang sayur berasa pahit, dan ada banyak kembali argumen yang lain.

Orangtua perlu ketahui panduan atau taktik supaya anak Anda tertarik dan pada akhirannya siap konsumsi sayur. Janganlah sampai perkembangan anak Anda terusik karena masalah satu ini.

Ada cara-cara yang dapat beberapa orangtua kerjakan untuk jadikan buah kesayangan mereka menyenangi makan sayur. Anda bisa juga mendapati langkah lain dengan konsultasi ke dokter, bila anak masih sulit makan sayur.

Cara agar Anak Senang Makan Sayur

Berikut cara-cara supaya anak suka makan sayur

1. Menerangkan Faedah Sayur

Ini perlu dikerjakan supaya anak pahami apa faedah makan sayur. Misalkan, Anda dapat menerangkan makan sayur dapat menahan dia dari sembelit dan berguna bagus untuk kesehatan badannya.

Terangkan makan sayur dapat membuat tubuhnya semakin kuat dan semakin pandai ketika bermain dan belajar.

2. Menceritakan mengenai Sayur melalui Dongeng

Bercerita dongeng-dongeng mengenai sayur dapat membuat anak lebih berminat untuk makan sayur. Anda dapat cari narasi mengenai sayur yang berperanan sebagai pahlawan.

Anak dapat memandang jika dengan makan sayur dapat jadikan dia sehat dan kuat seperti pahlawan.

3. Merayu dengan Sayur Kegemaran

Orangtua dapat merayu anak makan sayur diawali dari tipe yang paling kemungkinan dicintainya Pada langkah pertama, beri anak tipe sayur yang dia sukai, misalkan bayam atau wortel, dan masak sayur seperti yang dia sukai, misalkan dengan direbus atau ditumis.

Jauhi sayur yang bila dikonsumsi mempunyai rasa pahit atau teksturnya keras dan keras karena umumnya anak tidak sukai. Seterusnya bila anak mulai sukai makan sayur, baru Anda bisa memberi tipe atau olahan sayur yang lain ke anak Anda.

4. Menambah Sayur dengan Makanan Kegemarannya

Saat anak tidak sukai makan sayur, Anda dapat menambahkannya ke makanan yang lain dia sukai. Misalkan, jus sayur, lalu campur ke daging ayam dan tepung untuk dibikin nugget atau bakso. Otomatis dia akan makan sayur dalam bentuk yang lain.

5. Mengajak Anak Turut Masak Bersama

Ajak anak mengolah bersama menjadi langkah efisien supaya anak ingin makan sayur.

Mengolah bersama dapat mengunggah nafsu makan buah kesayangan Anda. Peluang dia akan lebih menghargakan makanan yang dia makan.

6. Membuat Kreativitas Makanan dari Sayur

Kreativitaskan sayur jadi beberapa bentuk benda unik yang memikat hingga anak berminat untuk mengkonsumsinya. Misalkan, Anda dapat pakai brokoli, asparagus, wortel, dan paprika.

Gabungkan semua sayur itu memakai tusuk sate. Panggang sate sayur dan tambah sauce kegemaran anak. Wujud atau hidangan yang unik bisa membuat anak jadi ingin makan sayur.

7. Turut Makan Bersama Anak

Makan sayur bersama anak sebagai langkah baik supaya buah kesayangan Anda suka makan sayur.

Saat anak makan, dampingi dia dan beri contoh jika Anda pun makan sayur yang serupa. Anda bisa juga membuat anak tergoda, misalkan dengan menjelaskan jika sayurnya punyai rasa sedap.

8. Diamkan Makan Sayur di Awalnya atau Akhir

Beri kelonggaran untuk anak saat makan sayur. Misalkan apa anak ingin makan sayur lebih dulu atau makan sayur diakhir, atau sekalian konsumsi makanan lain.

Diamkan juga anak makan sayur bersama orang yang diputuskan temaninya, misalkan ibu, ayah, atau kakaknya.

9. Jauhi Pemaksaan

Memaksa anak untuk makan sayur malah akan berpengaruh pada trauma yang mengakibatkan anak tidak ingin makan sayur seterusnya. Karena itu, bila anak tidak ingin makan sayur, jangan dipaksakan.

BundaKita
BundaKita Emak / Ngeblog / Nyuci / Nyambel / Ngemong dst.