Efek Makanan Pedas Bagi Tubuh

Kemarin, pembawa acara dan pecinta binatang sekalian papah dari 5 anak, Irfan Hakim alami bencana yang cukup menakutkan.

Irfan Hakim dibawa ke rumah sakit selesai lakukan challenge bersama Youtuber Tan Boi Kuy untuk makan Paqui. Awalnya, seorang Food Vlogger, Desti Duet Advokat jadi korban dari Paqui One Chip Challenge ini.

Paqui ialah keripik terpedas di dunia karena memiliki kandungan ghost pepper. Ghost pepper adalah tipe cabe yang mempunyai tingkat paling pedas antara cabe yang lain. Pada cabe ada zat capsaicin.

Efek Makanan Pedas Bagi Tubuh

Efek Makanan Pedas Bagi Tubuh

Memberi kesan ngilu atau terbakar di lidah

Hal ini muncul karena zat capsaicin sanggup mengaktivasi ujung saraf lidah yang bisa memberi respon rasa ngilu. Hingga saat kamu konsumsi makanan pedas, hal pertama kali yang kamu akan rasakan ialah ngilu atau panas di bagian mulut.

Makin bertambah konsumsi makanan pedas memungkinkan membuat kamu rasakan sensasi terbakar di lidah sampai tenggorokan.

Apabila sudah semacam ini, sebaiknya kamu hentikan konsumsi makanan pedas itu. Agar tidak menghancurkan organ pencernaan atau memunculkan penyakit pencernaan dan beberapa hal yang tidak diharapkan.

Mempunyai potensi atau mengakibatkan keluh kesah pada mekanisme pencernaan 

Disamping itu, zat capsaicin pada makanan pedas dapat mengakibatkan keluh kesah pada mekanisme pencernaan. Menurut dokter, keluh kesah itu seperti kembung, sakit di perut, muntah, dan diare.

Tidak itu saja, bila kamu konsumsi makanan pedas terlalu berlebih akan memunculkan penyakit yang tambah jelek. Misalkan penyakit lambung, maag, kanker usus, sampai asam lambung akut.

Bahkan juga berdasar sebagian sumber, konsumsi makan pedas terlalu berlebih dapat mengakibatkan iritasi di usus, infeksi, dan penyakit kulit seperti ada kemerahan, jerawat sampai eksim.

Mengakibatkan rasa ngilu atau panas pada bagian anus

Hal yang kemungkinan terjadi dalam tubuh bila makan pedas, yakni mengakibatkan rasa ngilu atau panas pada aliran pembuangan atau anus.

Saat sebelum keluar badan, makanan pedas yang memiliki kandungan zat capsaicin pasti diproses oleh badan. Di mana kandungan nutrisi baik akan diserap dan diletakkan badan sebagai cadangan energi. Sementara “sampah” atau zat bekasnya hasil pencernaan akan dibuang lewat anus.

Saat makanan yang memiliki kandungan zat capsaicin melalui anus untuk dikeluarkan dari pada tubuh, zat capsaicin akan menggairahkan rasa ngilu pada anus. Ini karena zat capsaicin bisa mengakibatkan reseptor ngilu pada bagian anus.

Itulah pembahasan dari Bundakita mengenai dampak makan pedas dalam tubuh. Maka dari itu, lihat kembali bagaimana intensif dan tingkat kepedasan saat kamu konsumsi makanan. Seperti istilah yang mengeluarkan bunyi, “segala hal itu tidak bagus bila terlalu berlebih.”

Leave a Comment