Tips Agar Cepat Tidur

Posting Komentar


 sumber:freepik


Sulit tidur terjadi ketika kamu kesulitan tidur, sering bangun tengah malam, atau sering terbangun terlalu pagi sehingga tidak bisa tidur kembali. Kondisi ini bisa menyebabkan kelelahan, suasana hati yang buruk, dan kurang berenergi untuk beraktivitas di keesokan harinya. Lalu, bagaimana tips agar bisa cepat tidur?

Jika kamu memilih membiarkannya, susah tidur bisa berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Ada beberapa tips agar cepat tidur yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kualitas tidur. Yuk simak pembahasannya dalam artikel kali ini!

Tips Agar Bisa Tidur Cepat

Tidur secara normal terjadi selama 7-8 jam. Ketika kamu bisa tidur cepat menandakan kualitas tidur yang berkualitas. Berikut ini beberapa tips yang bisa membuatmu cepat tidur dalam 10 sampai 30 detik.

1.Meminimalisir Interaksi dengan Smartphone Sebelum Tidur

Cara pertama yang perlu kamu coba adalah meminimalisir interaksi dengan alat elektronik seperti smartphone setidaknya dalam kurun 1,5 jam sebelum tidur. 

Apabila kamu terbangun ketika dini hari, coba hindari untuk mengakses smartphone 

Sebab, cahaya yang dipantulkan dari smartphone bisa mengakibatkan terjadinya penurunan produksi hormon melatonin yang mengakibatkan susah untuk tidur.

2.Buatlah Jadwal Tidur yang Teratur

Beberapa riset menunjukkan bahwa memiliki jadwal tidur yang teratur bisa membuat tidur berkualitas. 

Hal ini akan membuat tubuh terbiasa bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari. Selain itu, tips ini membantu jam internal tubuh untuk tetap disiplin mengikuti jadwal tidur secara rutin.

3.Konsumsi Makanan yang Mengandung Zat Karbohidrat

Mengonsumsi makanan yang mengandung zat karbohidrat dengan porsi tidak berlebihan dipercaya bisa membuat tubuh menjadi lebih cepat untuk tidur. 

Hal ini dikarenakan zat karbohidrat membantu meningkatkan hormon tryptophan yang membuat tubuh lebih mudah mengantuk. Namun, masih perlu studi lanjutan untuk membuktikan hal tersebut.

4.Mendengarkan Musik

Kamu bisa mendengarkan musik relaksasi yang memberikan ketenangan, seperti musik yang di play ketika meditasi, hal ini bisa membantumu untuk lebih cepat tidur. Selain itu, kamu juga bisa memainkan beberapa musik instrumental yang dipercaya mampu menenangkan hati dan pikiran.

5.Hindari Mengkonsumsi Makanan atau Minuman Tertentu Sebelum Tidur

Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi sebelum tidur. Hal ini disebabkan karena tubuh akan bekerja lebih keras untuk menghancurkan lemak yang berakibat kamu sulit tidur. 

Selain itu, hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi sebelum tidur karena bisa membuatmu terjaga sepanjang malam.

6.Menggunakan Metode Pernapasan 4-7-8

Menurut Dr. Andrew Well, metode 4-7-8 merupakan metode pernapasan sederhana yang bisa membuat rileks dan tenang. 

Metode ini dibuat berdasarkan teknik pengendalian napas yang dipelajari dari olahraga yoga serta terdiri dari pola pernapasan yang bisa membuat penenang alami untuk sistem saraf. 

Selain itu, tips ini berguna untuk membantu kamu lebih cepat tidur. Berikut langkah-langkahnya:

  • Awal mulanya, tempatkan ujung lidah ke kulit belakang gigi bagian atas lalu tahan.
  • Buang napas sepenuhnya melalui mulut.
  • Tutup mulut lalu tarik napas dengan tenang melalui hidung hingga hitungan ke 4.
  • Pada hitungan ke 7 tahan napas sebentar, lalu buang napas sepenuhnya melalui mulut sampai hitungan ke 8.
  • Ulang langkah ini 3 sampai 4 kali pernapasan.

7.Meditasi dan Yoga

Ketika kamu kesulitan tidur atau insomnia, cobalah untuk melakukan meditasi maupun yoga secara rutin. 

Hal ini merupakan salah satu cara yang bisa kamu coba untuk 

menenangkan pikiran serta merilekskan tubuh.

BundaKita
Cuman Seorang Bunda / Emak yang Mencurahkan Segala Sesuatu ke Media Online, contohnya Blog ini. ^_*

Related Posts

Posting Komentar