Resep Opor ayam ala bundakita di momen IDULFITRI 1444H

Posting Komentar
Idul Fitri atau Lebaran merupakan momen spesial yang selalu ditunggu oleh seluruh umat muslim di Indonesia. Di hari yang suci ini, banyak tradisi dan kebiasaan yang dilakukan, salah satunya adalah memasak menu khas Lebaran seperti opor ayam. Opor ayam adalah makanan khas Lebaran yang terbuat dari ayam yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Indonesia. 

Berikut ini adalah cara memasak opor yang lezat saat hari raya Idul Fitri.

Persiapkan Bahan-Bahan
Untuk membuat opor ayam yang lezat, Anda membutuhkan beberapa bahan seperti ayam, santan, bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, lengkuas, jahe, kunyit, daun salam, dan serai. Selain itu, Anda juga membutuhkan minyak goreng untuk menumis bumbu-bumbu.

Potong Ayam
Potong ayam sesuai dengan selera Anda, kemudian cuci bersih dan tiriskan. Anda juga bisa menggunakan ayam kampung untuk menghasilkan rasa yang lebih gurih dan lezat.

Tumis Bumbu-Bumbu
Tumis bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, lengkuas, jahe, kunyit, daun salam, dan serai hingga harum dan matang. Tambahkan sedikit air agar bumbu-bumbu tidak gosong dan terbakar.

Tambahkan Ayam
Setelah bumbu-bumbu matang, masukkan potongan ayam ke dalam wajan. Aduk hingga ayam tercampur dengan bumbu-bumbu dan warna ayam berubah menjadi kecoklatan.

Tambahkan Santan
Setelah ayam matang, tuangkan santan ke dalam wajan dan aduk hingga santan tercampur dengan bumbu dan ayam. Tambahkan sedikit garam dan gula pasir sesuai dengan selera Anda.

Masak Hingga Matang
Masak opor ayam hingga santan menjadi kental dan ayam matang sempurna. Jangan lupa untuk terus diaduk agar santan tidak pecah dan terpisah.

Sajikan dengan Nasi Kuning
Opor ayam yang lezat dan kaya akan rempah-rempah ini biasanya disajikan dengan nasi kuning dan ketupat. Anda juga bisa menambahkan telur rebus atau kacang panjang sebagai pelengkap.

Itulah cara memasak opor yang lezat saat hari raya Idul Fitri. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan proporsi bumbu agar rasanya pas dan tidak terlalu pedas atau manis. Selamat mencoba dan selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1444 H bersama keluarga tercinta.
BundaKita
Cuman Seorang Bunda / Emak yang Mencurahkan Segala Sesuatu ke Media Online, contohnya Blog ini. ^_*

Related Posts

Posting Komentar