Kelemahan Kepribadian INTJ - BUNDAKITA

Kelemahan Kepribadian INTJ

Posting Komentar


Untuk bisa berkomunikasi dengan baik pada INTJ, anda mungkin perlu mengenali kelemahan kepribadian INTJ. Introverted, iNtuitive, Thinking, dan Judging merupakan salah satu jenis tipe kepribadian dari Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Serangkaian tes MBTI diperlukan untuk menentukan apakah seseorang itu masuk dalam kategori kepribadian yang mana.

Salah satu kepribadian yang dimiliki paling sedikit orang di dunia, yaitu sekitar 2% saja adalah INTJ. Ada kebanggaan tersendiri jika hasil tes MBTI atau berbagai fakta tentang diri ini sesuai atau cocok dengan INTJ. Kepribadian ini dinilai seorang pemikir dan punya pemikiran yang paling rasional dari lainnya. Bisa dibilang mungkin anda akan merasa aneh dengan orang ini. Dibalik kelebihannya, ada kelemahan yang dimiliki oleh seorang INTJ. Bundakita wajib ketahui tentang ini.

Kelemahan Kepribadian INTJ

Bukan berarti kelebihan setiap manusia itu selalu sempurna. Manusia memiliki kekurangan termasuk juga orang dengan tipe pribadi INTJ. Kepribadian ini dikelompokkan sesuai dengan kategori-kategori ilmiah dalam jawaban dalam tes MBTI. Apakah anda termasuk dalam tipe ini? Simak kelemahan dari seorang INTJ:

Menjengkelkan

Bagi orang dengan kepribadian diluar INTJ dan memandangnya dengan seksama, sebenarnya orang dengan tipe ini cukup bikin jengkel. Misalkan anda hanya ingin sekedar bercanda dan bertanya sesuatu yang bodoh. Maka mereka akan membalas dengan sarkas. Bila perlu malah mempertanyakan kembali pada si penanya, seperti membenarkan gaya bahasa atau tata bahasa yang dilontarkan.

Kelemahan Kepribadian INTJ Kaku Secara Sosial

Seorang INTJ tidak layaknya orang sosial lainnya. Tipe yang cukup sulit untuk sekedar berkenalan atau menambah orang baru. Seringkali mengalami momen awkward atau cukup sulit untuk menjadi romantis atau seorang yang humoris. Lebih kepada kehidupannya yang datar dan kurang ekspresif.

Terlalu Rasional

INTJ hampir tidak pernah menggunakan perasaannya untuk menyelesaikan masalah. Semua dipikirkan berdasarkan akal sehat dan logika untuk pemecahan masalah. Bisa dikatakan mungkin tidak punya emosi, perasaan maupun hati.

Sikap Dingin

Kelanjutan dari sifat rasional, INTJ mungkin tidak akan pernah menggunakan perasaan untuk menetapkan keputusan karena tidak rasional. Maka dari itu sering dilihat sebagai pribadi yang dingin dan tidak berperasaan. Ya memang sebenarnya hanya ingin menjadi orang yang rasional dalam pemecahan masalah. Jika memang dimintai nasehat tentang hubungan, putuskan saja jika itu tidak bermanfaat untuk hidup anda. Mereka hanya ingin memecahkan masalah tanpa membawa emosi atau perasaan ke dalamnya.

Perfeksionis

Segala sesuatu harus berjalan dengan baik sesuai pemikiran dari seorang INTJ. Mereka menginginkan segala sesuatu adalah versi terbaik yang mereka miliki. Termasuk pada versi terbaik dari temannya dan dunianya.

Arogan

Bertepatan dengan keinginan INTJ yang memaksa orang agar ada pada versi terbaik dalam hidupnya atau pekerjaan. Termasuk nampak cerewet pada seseorang, harus begini, harus berperilaku begini dengan lagak mengaturnya. Semua ini sebenarnya ditujukkan agar memiliki fungsi terbaik dalam kehidupannya.

Kelemahan Kepribadian INTJ Lainnya

Terkadang memang bisa ditulis dalam satu atau dua kata kelemahannya. Akan tetapi ada tujuan bagus dibalik kekurangan yang dimiliki seorang INTJ. Berikut ini bisa anda ketahui:

  • Hidupnya tidak seimbang (keluarga, teman porsinya kurang dibanding pekerjaan)
  • Terkadang suka menyendiri
  • Tidak pandai menambah teman
  • Kurang empati
  • Terlalu independen (semua dipikir sendiri, tidak percayaan)
  • Sering berencana, kurang implementasi
  • Lemah dengan spontanitas, semua harus direncanakan dulu
  • Tidak ingin orang lain mengaturnya
  • Terlalu jujur
  • Tidak suka dengan orang yang kurang logis
  • Menganggap lemah orang lain karena dinilai tidak mampu memahami sebuah hal
  • Sangat pilah pilih pasangan
  • Terlalu analitis
  • Tidak suka membicarakan emosi

Berbagai kelemahan kepribadian INTJ sebenarnya bagus untuk mereka sendiri. Mereka bisa lebih jauh melaju karena mengalahkan kekurangan mereka. Bagi orang yang bekerja atau berteman dengan INTJ, anda bisa mempelajari kelemahan dari mereka sehingga bisa merumuskan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah bersama.

BundaKita
Cuman Seorang Bunda / Emak yang Mencurahkan Segala Sesuatu ke Media Online, contohnya Blog ini. ^_*

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar