Cara Mencegah Tokso Pada Kucing - BUNDAKITA

Cara Mencegah Tokso Pada Kucing

Posting Komentar


Sangat penting untuk pecinta hewan untuk cara mencegah tokso pada kucing. Penyebab kucing terkena toksoplasma yaitu toksoplasmosis. Sebagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri Toxoplasma Gondii dapat menular ke manusia. Salah satu perantara dari penyakit ini adalah hewan ternak kita. Kucing yang kita rawat di rumah harus kita perhatikan kesehatannya agar tidak terjangkit penyakit dan tidak menularkan ke manusia.

Kotoran kucing utamanya dapat menjadi sumber penularan dari infeksi tokso. Tidak hanya kotorannya bun, tapi bulu-bulu yang tertempel kotoran lalu mengering ini wajib kita ketahui. Padahal bunda mungkin sering menggendong kucing hingga menciumnya. Bahaya virus tokso pada kucing dapat menyebabkan kematian dan dapat menular ke manusia.

Pada banyak jurnal menyebutkan bahkan infeksi toksoplasma dapat menyebabkan kejadian abortus atau keguguran. Mungkin cukup mengerikan ya bun. Maka dari itu, kita perlu menjaga hewan peliharaan melalui mekanisme cara mencegah tokso pada kucing agar tidak menulari kita. Berikut ini tipsnya dari BundaKita.

Ciri-Ciri Tokso Pada Kucing

Umumnya gejala infeksi toksoplasma pada kucing mungkin tidak mudah untuk dikenal. Namun yang paling sering adalah kucing mengalami diare, nafsu makan turun, lemas, hingga demam. Kucing menjadi lesu tidak berperilaku lincah seperti biasanya.

Biaya tes tokso pada kucing adalah sekitar 200 - 300 ribu di rumah sakit hewan atau pelayanan kesehatan hewan lain. Biaya tes tokso pada kucing biasanya sudah termasuk konsultasi untuk pengobatan pada saat cek tokso kucing.

Cara Mencegah Tokso Pada Kucing

Kenali dahulu sumber penularan dari bakteri tokso yaitu dari kotoran kucing yang terinfeksi (termasuk yang kering), mengonsumsi makanan minuman yang tercemar bakteri tersebut dan tentunya kebersihan dari diri, hewan peliharaan dan alat-alat di rumah. Berikut ini beberapa cara untuk mencegah infeksi tokso pada kucing:

Rutin Menjaga Kebersihan Kandang Dan Kucing

Memandikan kucing secara berkala akan membersihkan bulu mereka dari tokso apabila sudah terinfeksi. Menjaga kebersihan kandang setiap waktu juga menghindarkan bakteri ini bisa menulari hewan lain termasuk pemiliknya. Rutin memandikan si kucing juga sangat diperlukan agar kebersihan badan selalu terjaga.

Bunda harus pakai sarung tangan ya ketika membersihkan kandang dan peralatan pada kucing. Terutama ketika akan membuang kotoran kucing. Barang dan peralatan pada kucing juga jangan sampai tercampur dengan milik rumah.

Pelihara Dalam Tempat Terkondisi (Rumah)

Jangan biarkan kucing peliharan bunda keluar dari zona rumah. Karena diluar dari pengawasan kucing bisa makan dari sumber yang tidak jelas. Bisa jadi dia memakan tikus liar atau bertemu dengan kucing yang terinfeksi tokso. Seperti halnya hewan peliharaan biasanya, dengan kita menciptakan lingkungan di dalam rumah yang bersih. Kucing tidak akan menjangkit penyakit dari luar maupun membawa penyakit dari luar.

Bila perlu masukkan kucing ke dalam kandang. Karena diluar bisa cukup berbahaya untuk kesehatan hewan ternak. Ketika di dalam rumah, berikan nutrisi untuk si kucing agar terpenuhi kebutuhannya dan tetap sehat.

Merawat Kucing Yang Terkena Tokso

Jika tanda-tanda sakit pada kucing telah terlihat bun, lakukan apa yang telah dianjurkan dari dokter. Mengisolasi kucing dan memberikan vitamin dan nutrisi agar lebih cepat pulih. Gunakan sarung tangan untuk mengurusi kotoran dan jangan sampai peralatan tercampur di rumah.

Cara menghilangkan virus tokso pada kucing itu beda bun. Ini disebabkan oleh bakteri, sehingga pengobatannya menggunakan antibiotik. Dokter hewan akan memberikan pengobatan berupa antibiotik untuk kesembuhan kucing dan membasmi infeksi bakteri.

Vaksinasi

Secara umum karena disebabkan oleh bakteri dan tidak bersifat darurat. Menurut Cornell University College of Veterinary Medicine, belum ada vaksin yang bisa mencegah penyakit toksoplasma pada manusia maupun hewan. Karena dapat disembuhkan dengan mengonsumsi antibiotik atau antibakteri.

Sekian beberapa hal yang bisa bunda terapkan dalam cara mencegah tokso pada kucing. Terapkan gaya hidup bersih dan sehat bagi pribadi maupun kucing agar tidak terkena atau sebagai pencegahan yang terbaik.

BundaKita
Cuman Seorang Bunda / Emak yang Mencurahkan Segala Sesuatu ke Media Online, contohnya Blog ini. ^_*

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar