Self Love Hindari Kanker Payudara - BUNDAKITA

Self Love Hindari Kanker Payudara

Posting Komentar

Ada berbagai kegiatan bertajuk self love hindari kanker payudara. Tentunya kegiatan ini bisa dilakukan oleh anda sendiri di rumah saat tidak ada pekerjaan. Bahkan seharusnya mulai anda lakukan sebagai bentuk kecintaan terhadap diri.

Memang self love itu tidak hanya melakukan jajan atau memberikan sebuah hadiah pada diri sendiri. Bentuk kecintaan buat diri bisa diekspresikan melalui keadaan yang mawas diri dengan kondisi kesehatan. Terutama buat anda bunda atau cewek, apa saja untuk dilakukan dalam menghindari kanker payudara melalui self love? Bunda Kita berikan tipsnya.

Self Love Hindari Kanker Payudara


Melakukan SADARI Sedini Mungkin Bentuk Self Love Hindari Kanker Payudara

Periksa Payudara Sendiri (SADARI) yang dilakukan sejak awal waktu atau tanpa perlu menunggu. Semuda umur anda harus melakukan ini karena sebagai bentuk kecintaan terhadap sendiri dalam mencegah kanker payudara sedini mungkin. Berikut ini langkah bentuk cinta tersebut:

  • Melakukan kegiatan pemeriksaan rutin sebulan sekali antara hari ke 7-10 saat hari pertama menstruasi
  • Mengangkat satu tangan untuk periksa payudara hingga ketiak
  • Meraba dan menekan daerah payudara dengan jari (bisa dengan minyak gosok)
  • Dilakukan gerakan naik turun keluar dan kedalam
  • Gerakan lurus dari pinggir payudara ke puting lalu sebaliknya
  • Gerakan membentuk lingkaran kecil dari luar ke dalam
  • Cek apakah ada benjolan di depan kaca
  • Cek kondisi warna apakah wajar atau ada yang berbeda di area payudara
  • Cek puting apakah berubah warna dan mengeluarkan cairan

Jika dalam pengecekan dengan gerakan tersebut terdapat indikasi rasa sakit. Anda bisa menanyakan hal ini kepada dokter. Bisa saja rasa sakit tersebut disebabkan oleh posisi bekerja yang salah. Jika terdapat indikasi medis tertentu, jangan takut. Semakin dini terdeteksi semakin mudah pengobatannya.

Menghindari Minum Beralkohol Dan Merokok

Dua hal ini memang bertentangan dengan sebuah norma agama tertentu. Tapi ada juga yang memperbolehkan. Akan tetapi demi self love, hindari keduanya karena dapat meningkatkan resiko penyakit salah satunya kanker payudara.

Ada yang mengatakan bahwa minum beralkohol boleh namun dalam jumlah batasan tertentu saja. Tujuan dari minum ini bukan untuk mabuk, tapi menghangatkan badan dan membentuk lebih banyak energi. Karena kalau terlalu banyak akan beresiko terhadap kesehatan.

Berolahraga Dan Aktivitas Fisik

Misalkan berolahraga dengan jalan-jalan selama 30 menit yang dilakukan rutin selama 3 kali dalam seminggu. Tubuh akan membakar kalori atau lemak dalam tubuh menjadi tenaga. Metabolisme tubuh yang lancar akan terjadi jika anda berolahraga atau beraktivitas fisik. Ini akan menghilangkan stres dan hormon negatif yang menjadi penyebab atau faktor resiko penyakit tertentu.

Diet Makanan Sehat

Untuk menurunkan resiko penyakit apapun, konsumsi makanan sehat adalah kunci. Karena kelebihan berat badan dapat meningkatkan resiko untuk terkena kanker payudara setelah menopause. Buah, sayur, susu dan berbagai makanan dengan antioksidan yang tinggi akan mencegah kanker ini secara alami.

Makanan tinggi serat dan antioksidan sangat penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh anda. Gak harus makan junk food yang enak lho untuk self love tapi cuma enak di mulut tapi tidak sehat di badan. Bentuk self love yang paling bagus adalah makan bergizi seimbang dan tinggi antioksidan.

BundaKita
Cuman Seorang Bunda / Emak yang Mencurahkan Segala Sesuatu ke Media Online, contohnya Blog ini. ^_*

Related Posts

Posting Komentar