Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi - BUNDAKITA

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Posting Komentar

Cegukan pada bayi merupakan hal yang wajar dan umum terjadi pada bayi. Cegukan pada bayi lumayan mengganggu kenyamanan pada bayi itu sendiri, maka orang tua dianjurkan untuk segera dapat menyelesaikanya.

Cara Mengatasi cegukan pada bayi


Cara Mengatasi cegukan pada bayi

Ganti posisi menyusui

Di saat menyusui ada kalanya udara juga masuk ke dalam mulut bayi, hal tersebut juga menyebabkan cegukan pada bayi. Nah salah satu cara mengatasi cegukan pada bayi adalah dengan ganti posisi menyusui

Dengan mengganti posisi menyusui, berharap saja bayi tidak lagi kemasukan udara saat menyusui, jika masih terjadi, cobalah untuk menghentikannya sejenak. Lalu ulangi menyusui setelah beberapa saat.

Posisi menyusui apakah sudah benar

Pastikan posisi menyusui kamu sudah benar. Posisi yang tepat saat menyusui adalah bagian puting dan areola (bagian puting yang berwarna gelap melingkari puting) masuk ke mulut bayi. Diikuti perut bayi menghadap langsung ke perut Ibu

Memeluk bayi

Bayi juga beresiko seperti tegang, dengan memeluk bayi secara tidak langsung bisa memberi ketenangan pada bayi tersebut, setelah beberapa menit biasanya cegukan akan berhenti dan bayi bisa kembali dalam keadaan normal

Menepuk punggung bayi

Selain memeluk bayi, menepuk punggung bayi juga menjadi salah satu cara mengatasi cegukan pada bayi, cara menepuk punggung bayi biasanya dilakukan saat bayi tersedak, menelan sesuatu.

Cara melakukanya gendong bayi dengan posisi seperti berdiri, letakkan kepala di pundak ibu, kemudian tepuk-tepuk punggung bayi tersebut dengan perlahan hingga bisa bersendawa.

Gunakan dot

Biarkan bayi mengisap dot, dengan mengisap dot dapat membantu mengendurkan diafragma dan membantu menghentikan cegukan.

Hentikan sejenak lalu bantu bayi bersendawa

Seperti cara diatas. Berhenti sejenak juga merupakan salah satu hal yang terbaik untuk mengatasi bayi cegukan, setelah itu bantu bayi bersendawa, karena dengan bersendawa bisa menghilangkan kelebihan gas yang menyebabkan cegukan.

Itulah beberapa cara mengatasi cegukan pada bayi. jika cegukan disertai dengan muntah, bunda kita sarankan segera bawa ke dokter, karena hal tersebut menandakan ada yang bermasalah dengan pencernaan.

Cegukan juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu. Lingkungan juga berperan juga untuk memicu cegukan, seperti suara keras yang tiba-tiba, teriakan dan bunyi yang mengganggu lainnya.

BundaKita
Cuman Seorang Bunda / Emak yang Mencurahkan Segala Sesuatu ke Media Online, contohnya Blog ini. ^_*

Related Posts

Posting Komentar