Alasan Daging Kambing Segar Tidak Boleh Dicuci - BUNDAKITA

Alasan Daging Kambing Segar Tidak Boleh Dicuci

Posting Komentar

Daging kambing segar tidak boleh dicuci pasti ada alasannya, karena sudah diketahui oleh banyak orang tentunya Bunda Kita akan membahasnya untuk anda. Daging kambing tidaklah asing bagi kehidupan masyarakat kita. Dia hampir selalu muncul di acara Qurban, Aqiqoh, hingga santapan biasa di kalangan kita.

Namun ada banyak orang mengatakan untuk tidak mencuci daging kambing segar terlebih dahulu sebelum dijadikan masakan. Karena dapat berdampak pada daging tersebut menjadi kurang bagus ketika dimasak hingga memengaruhi rasa. Lalu apa saja yang menjadikan hal ini penting untuk diperhatikan?

Alasan Daging Kambing Segar Tidak Boleh Dicuci


Alasan Daging Kambing Segar Tidak Boleh Dicuci

Berbagai alasan yang menjadikan dasar mengapa daging kambing segar itu tidak perlu dicuci beredar dimasyarakat. Kebiasaan ini sebenarnya ada baiknya juga kok. Jika anda tidak yakin dengan daging yang tidak dicuci dengan bersih, masih ada harapan bahwa budaya kita adalah memasak daging sampai matang. Jadi tidak perlu khawatir kalau tidak dicuci. Adapun beberapa alasan tersebut yaitu:

Daging Akan Semakin Bau Prengus

Jika daging kambing dari hasil pembagian atau selesai dari penjagalan dicuci, maka aroma prengusnya akan semakin kuat. Padahal hal ini akan merusak cita rasa masakan. Tidak enak kan kalau menyantap daging kambing tapi masi ada bau prengusnya?

Kandungan juice dalam daging yang unik menghambat bau menyengat keluar. Ketika daging dicuci, maka juice akan ikut hilang bersamaan dengan bau prengus yang ikut keluar juga. Daging akan menjadi lebih kering dan lebih bau prengus.

Kontaminasi Kuman Adalah Alasan Daging Kambing Segar Tidak Boleh Dicuci

Menurut Food Safety and Inspection Service U.S. Department of Agriculture, daging bisa mengalami kontaminasi silang saat dicuci dengan air. Bakteri ini bisa menempel pada alat-alat dapur hingga ke tempat lain yang seharusnya tidak terkena. Seperti piring, alat masak, sendok, tempat mencuci hingga disekitar kompor.

Daging Jadi Tidak Awet Untuk Disimpan

Berhubungan dengan kuman yang telah dibahas tersebut. Daging kambing yang dicuci terlebih dahulu membuatnya kurang bisa bertahan lama di freezer. Diakibatkan dari cemaran kuman yang terjadi silang menyebabkan mereka tumbuh lebih cepat. Tentunya ini menjadi kurang baik apabila disimpan untuk waktu yang cukup lama.

Lalu Bagaimana Pembersihan Daging Kambing Segar?

Daging kambing segar tidak boleh dicuci untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari pengolahan. Lantas ketika tidak dicuci, ada alternatif lain yang bisa dilakukan untuk menjaga daging tetang bersih.

Membersihkannya mengusap daging dengan kain atau tisu. Hilangkan dari kotoran dan darah yang menempel. Anda juga bisa langsung merebus daging kambing dengan air panas lalu menyaring kotoran yang terangkat ke permukaan. Rebus daging kambing segar dalam jangka waktu 30 menit. Ini akan mematikan kuman dan membuat daging siap untuk diolah. Atau bisa dimasukkan ke dalam freezer untuk diolah di waktu kedepannya.

BundaKita
Cuman Seorang Bunda / Emak yang Mencurahkan Segala Sesuatu ke Media Online, contohnya Blog ini. ^_*

Related Posts

Posting Komentar