Cara Mencegah Lelah saat Mengemudi di Arus Mudik

Bundakita - Mudik atau perjalanan ke kampung halaman sudah jadi adat warga Indonesia menjelang hari raya, seperti Idulfitri. Perjalanan mudik dapat dilaksanakan dengan beragam model transportasi, baik darat, laut atau udara.

Satu antara yang menjadi Favorit, yaitu perjalanan darat dengan mengemudikan mobil pribadi. Dengan mobil pribadi, kenyamanan dapat terbangun karena kita tidak berbagi tempat dengan orang lain atau berdesakan seperti bila memakai transportasi umum.

Cuma, Anda perlu mempersiapkan diri saat akan berkendara di arus mudik. Selainnya jarak yang dilakukan, perjalanan dapat memerlukan waktu karena keadaan jalan alami kemacetan.

Keadaan itu rawan memacu kecapekan. Ini perlu diperhatikan karena kecapekan jadi pemicu khusus kecelakaan saat mudik.

Supaya Anda tidak gampang berasa capek saat berkendara di arus mudik Lebaran ini kali, ada cara-cara yang dapat Anda terapkan. Berikut langkah yang bisa Anda kerjakan untuk menghindar capek saat berkendara di arus mudik,

Cara Mencegah Lelah saat Mengemudi di Arus Mudik

Siapkan perjalanan secara baik

Saat sebelum mudik, yakinkan keadaan kesehatan Anda baik. Siapkan perjalanan mudik dengan beristirahat cukup, olahraga teratur, dan minum dan makan yang bagus. Yakinkan juga Anda betul-betul dapat berkendara secara baik, ketahui medan perjalanan, siap dengan beragam halangan dan peluang yang bisa terjadi sepanjang mudik.

Cara Mencegah Lelah saat Mengemudi di Arus Mudik


Kerjakan perjalanan senyaman mungkin

Saat sebelum mudik, yakinkan kendaraan Anda pada keadaan yang bagus supaya sepanjang perjalanan Anda tak perlu buang energi untuk memperbaiki permasalahan yang muncul pada kendaraan Anda.

Pilih alat transportasi yang nyaman dan aman. Bawa barang sekedarnya dan yakinkan kendaraan mempunyai lokasi yang cukup buat penumpang mudik supaya Anda bisa lakukan mudik secara nyaman.

Mengatur waktu istirahat secara baik

Saat sebelum mudik, cari info tentang lajur perjalanan Anda. Dengan begitu, Anda bisa ketahui tempat lokasi istirahat yang ada, misalkan pada tempat pengisian bahan bakar.

Bila perjalanan mudik Anda panjang, susunlah waktu istirahat dengan teratur untuk kembalikan keadaan badan Anda. Kurang istirahat bisa mengakibatkan Anda mengantuk saat berkendara hingga riskan terjadi kecelakaan.

Yakinkan gizi dan cairan tubuh terjaga

Gizi dan cairan badan sebagai dua poin penting yang perlu terus jadi perhatian sepanjang mudik. Bila Anda berpuasa, yakinkan keperluan gizi dan cairan Anda terjaga dengan memenuhinya di saat sahur dan buka.

Kekurangan gizi dan dehidrasi bisa mengakibatkan badan lemas dan pengurangan fokus hingga bisa memacu berlangsungnya kecelakaan.

Berkendara secara berganti-gantian

Bila Anda mudik dengan memakai mobil, upayakan ada 2 orang yang bisa menyopir hingga Anda bisa berkendara secara berganti-gantian.

Dengan begitu, Anda bisa istirahat sesaat supaya, saat gantian berkendara, Anda bisa berkendara kembali dengan penuh fokus.

Minum suplemen

Untuk menahan capek sepanjang mudik, jika memang perlu, Anda bisa konsumsi suplemen yang memiliki kandungan mineral dan vitamin. Selain itu, Anda dapat konsumsi suplemen alami, seperti madu, ginseng, royal jelly dan jahe.

Tentukan suplemen yang aman dan minumlah suplemen sama sesuai ketentuan gunakan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url