Cara Mengatasi Bau Mulut akibat Mengonsumsi Bawang

Banyak orang sudah pernah alami bau mulut. Pemicu bau mulut dapat berbagai macam, seperti karena keadaan kesehatan tertentu atau penentuan makanan.

Dua bahan makanan yang tersering jadi biang kerok bau mulut ialah bawang putih dan bawang bombay, apa lagi bila dikonsumsi mentah.

Bawang bombay dan bawang putih sebagai kerabat allium, yang komposisinya serupa dan memiliki kandungan banyak senyawa belerang (sulfur). Belerang memberi rasa yang unik, dan ada gas yang dilepaskan saat menggeprak bawang atau memotongnya.

Bau mulut karena konsumsi bawang putih dan bawang bombay dapat berjalan sepanjang beberapa jam sesudah usai makan. Sebagai sisi proses dari pencernaan produk sambilan mereka diserap ke darah, lalu dihantarkan ke paru-paru. Mengakibatkan, bau napas jadi tidak lezat.

Walau ada resiko bau mulut, janganlah sampai Anda stop konsumsi ke-2 tipe bawang ini. Ke-2 nya dijumpai bawa faedah untuk kesehatan badan . Maka, tidak boleh takut dengan resiko bau mulut karena ada beberapa cara yang dapat Anda aplikasikan untuk hilangkan baunya.

Cara Mengatasi Bau Mulut akibat Mengonsumsi Bawang


Berikut sejumlah cara mengatasi bau mulut akibat mengonsumsi bawang

Sikat gigi dan floss sesudah makan


Mayoritas bakteri yang mengakibatkan bau mulut hidup di bawah garis gusi dan karies yang menimbun di gigi. Menggosok gigi dan flossing sesudah makan bawang putih dan bawang bombay bisa menolong melenyapkan bakteri pemicu bau sekaligus sisa makanan.

Pilih sikat gigi yang bisa mencapai garis gusi sisi bawah hingga bisa kurangi plak. Janganlah lupa untuk menyikat (secara lembut) atap mulut dan lidah. Selalu siapkan benang floss di dalam dompet bila setiap saat dibutuhkan.

Mengonsumsi makanan segar

Misalnya apel, bayam, atau daun mint. Bila Anda habis menyantap bawang putih panggang atau makanan yang lain yang banyak memakai bawang putih, konsumsilah apel atau kunyah daun mint fresh.

Menurut sebuah studi, formasi kimia apel mentah atau apel yang diolah, selada, atau daun mint bisa menolong menyingkirkan bau mulut karena makan bawang. Teh hijau panas dan perasan lemon bisa juga menolong.

Pakai minyak fundamental

Minyak fundamental sering dipertambah ke obat kumur yang beralkohol. Agar nafas fresh, pilih minyak fundamental yang punyai manfaat antibakteri, seperti peppermint, rosemary, myrrh, dan eucalyptol.

Langkah memakainya, campur satu tetes minyak fundamental Anda dengan 1 sendok teh minyak pelarut (carrier oil), seperti minyak kelapa, sweet almond oil, atau minyak zaitun ke mulut. Ini bisa menolong hilangkan partikel mulut, bakteri, dan wewangian tidak lezat.

Tambahkan dengan obat kumur

Ada banyak studi ilmiah yang memperlihatkan jika obat kumur yang memiliki kandungan klorin dioksida efisien untuk menangani bau mulut tidak lezat. Kandungan itu dapat menolong hilangkan karies, bakteri yang melapisi lidah, dan partikel makanan.

Pakai obat kumur sesudah menyikat gigi dan flossing supaya hasilnya lebih maksimal. Juga penting untuk memperhatikan perintah pada botol paket untuk menghindar pemakaian terlalu berlebih dan iritasi mulut.

Sedia pembersih lidah

Bakteri bisa tumbuh subur dan berkembang biak pada bagian belakang lidah, yang tidak dapat dicapai sikat gigi. Susunan lidah yang putih mengisyaratkan beberapa sel mati, partikel makanan yang paling kecil, dan bakteri.

Pembersih lidah bisa menolong bersihkan lidah sampai mencapainya ke sisi belakang. Alat ini dijumpai efisien untuk menyingkirkan bau tidak lezat karena tersisa makanan.

Saat memakai pembersih lidah, mulai dari tempat belakang lidah, lalu secara halus gosok ke depan. Sesudahnya membersihkan dengan berkumur, lalu ulang sampai tidak ada endapan yang sampai di pembersih lidah Anda.

Pakai pembersih lidah ini tiap hari atau sesudah makan bawang putih, bawang bombay, atau yang makanan yang lain memiliki kandungan satu salah satunya atau ke-2 nya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url