Cara Mengatasi Mata Bintitan ala BundaKita

Bintitan atau dalam istilah medis 'hordeolum' adalah tonjolan pada kelopak mata yang dibarengi dengan pertanda infeksi. Misalkan, warna merah, ngilu, kerap memunculkan rasa gatal dan menjejal.

Bintitan dipacu oleh infeksi bakteri, tidak beresiko, dan umumnya akan lenyap sendiri di dalam 1-2 minggu.

Walau jarang-jarang mengakibatkan suatu hal yang serius, kehadirannya pasti mengusik. Disamping terasa tidak nyaman di tempat mata, bintitan dapat membuat seorang jadi kurang percaya diri.

Ditambah ada stereotip dalam warga jika orang yang terserang bintitan ialah orang yang sering mengintip orang yang mandi.

Nach, sebelum Anda putuskan berobat ke dokter, ada cara-cara menangani mata bintitan yang simpel dan bisa Anda kerjakan di dalam rumah.

Cara Mengatasi Mata Bintitan


Berikut Cara Mengatasi Mata Bintitan di dalam rumah

Kompres Hangat

Kompres hangat dapat Anda jadikan sebagai langkah mengobati mata bintitan. Perlakuan ini bisa menolong membuka aliran kelenjar pada kelopak mata yang mampet.

Kompres hangat dapat dibikin dengan memakai kapas kosmetik yang dipendam di air hangat. Selanjutnya peras kompres, lalu rekatkan pada kelopak mata dengan keadaan mata tertutup.

Kerjakan kompres pada mata sekitar 4x dalam satu hari sepanjang 5-10 menit. Jika kapas sudah tidak hangat kembali, rendam kembali di di air hangat.

Bersihkan Tangan Saat sebelum Sentuh Tempat Mata

Langkah pertama untuk hilangkan bintitan di mata dengan mengontrol kebersihan tangan saat sebelum sentuh mata. Mata bintitan dapat disebabkan karena wilayah sekitar kelopak mata yang kotor. Kotoran itu bisa menutup kelenjar pada kelopak mata hingga muncul bintitan.

Karenanya, penting untuk membersihkan tangan saat sebelum sentuh mata. Bahkan juga, saat sebelum memberi obat mata, baik tetes atau salep mata, benar-benar dianjurkan untuk membersihkan tangan dengan bersih awalnya.

Membersihkan Muka dengan Air Hangat

Bersihkan muka beserta air hangat bisa juga menjadi satu di antara langkah menyembuhkan mata bintitan. Dengan memakai air hangat saat membersihkan muka, sumbatan kelenjar yang umum terjadi pada kasus mata bintitan akan terbuka hingga bisa menolong menyembuhkannya.

Membersihkan Mata dengan Air dan Sabun yang Tidak Perih di Mata

Apabila sudah alami bintitan, jaga kebersihan wilayah sekitaran mata menjadi hal yang penting. Anda bisa bersihkan tempat sekitaran mata dengan memakai shampo bayi yang tidak memunculkan rasa perih.

Campur shampo bayi sama air, kapas atau kain. Pakai untuk bersihkan tempat bintitan atau tempat kelopak mata. Kerjakan pembersihan teratur tidak cuman di tempat mata yang terserang bintitan, tapi juga pada ke-2 mata.

Ini supaya kelopak mata yang satu kembali selalu terlindungi kebersihannya dan terbebas dari bintitan dan infeksi lain.

Garam

Air garam dapat berperan untuk menangani infeksi bakteri hingga dalam kasus bintitan, larutan itu dapat digunakan.

Langkah menyembuhkan mata bintitan bersama air garam, yaitu Anda tinggal menambah garam seperlunya bersama air. Tetapi, ingat, upayakan air garam ini tidaklah sampai masuk ke mata sebab bisa membuat mata perih.

Memakai Salep Mata

Untuk menyembuhkan mata bintitan, pemakaian salep mata menjadi langkah yang efisien.

Apabila sudah memperoleh pengobatan klinis, dokter umumnya akan memberi salep mata yang memiliki kandungan antibiotik. Tetapi, obat ini tidak bisa diperoleh bebas, seharusnya konsultasi selanjutnya dengan dokter yang menanggulangi.

Cara Mengatasi Mata Bintitan


Jauhi Pemakaian Make up di Sekitaran Mata

Saat alami bintitan, sangatlah dianjurkan untuk menghentikan sesaat pemakaian make up, terutamanya di wilayah sekitaran mata. Ini dilaksanakan untuk mengurangi resiko pada keadaan bintitan yang dirasakan.

Bila memang seharusnya memakai make up di sekitar mata, seharusnya membersihkan secara baik. Anda bisa memakai cotton bud yang ujungnya telah direndam memakai larutan kombinasi air dan shampo bayi.

Tidak boleh Menekan Mata Bintitan

Selainnya cara-cara di atas, untuk menyembuhkan mata bintitan, Anda dianjurkan tidak untuk menekan tonjolan. Bintitan bisa keluarkan nanah, yang malah akan jadi memperburuk peradangan.

Minum Obat Anti Nyeri

Reaksi radang saat alami bintitan kerap kali dibarengi dengan ngilu. Karenanya, Anda bisa konsumsi obat anti nyeri untuk menangani mata bintitan.

Satu antara obat yang bisa Anda konsumsi adalah obat yang memiliki kandungan paracetamol. Tetapi, lihat apa Anda punya riwayat alergi obat sebelumnya atau mungkin tidak.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url