Cara Menjaga Kesehatan Telinga | Bundakita

Telinga sebagai satu antara anggota badan yang vital. Karenanya, kita harus mengenal cara menjaga kesehatan telinga supaya keadaannya masih tetap terjaga. Kita pasti tidak mau pendengaran kita terganggu.

Dengan padatnya kegiatan setiap hari, kadang kita abai dengan beberapa hal 'kecil', seperti mempertahankan kesehatan telinga. Umumnya kita baru mengetahui keutamaan kesehatan telinga saat telinga kita sudah alami masalah.

Masalah di telinga disebabkan karena berbagai jenis hal, seperti cedera telinga, kotoran telinga, tumor, cacat lahir/bawaan, infeksi, dampak obat, dan ada banyak lagi.

Itu kenapa, kita harus ingat untuk memperhatikan kesehatan telinga. Janganlah sampai telat karena masalah di telinga dapat berpengaruh pada pendengaran kita.

Ada cara-cara yang dapat Anda kerjakan untuk mempertahankan kesehatan telinga Anda.

Cara Menjaga Kesehatan Telinga


Berikut cara menjaga kesehatan telinga

Membersihkan Daun Telinga Saja

Bila Anda ingin bersihkan telinga, seharusnya membersihkan sisi luar atau daun telinganya saja sudah cukup. karena pada kondisi normal, telinga mempunyai kekuatan untuk bersihkan dirinya sendiri.

Wujud telinga yang bersudut dan ada bulu-bulu lembut bisa jaga telinga dari masuknya debu atau kotoran yang berlebih. Maka Anda tak perlu bersihkan sampai sisi dalamnya, cukup daun telinganya saja.

Namun, bila kotoran dirasakan telah menimbun atau menutup dan pendengaran mulai terusik, seharusnya tidak boleh mengoreknya sendiri atau bersihkan. Kontrol telinga Anda ke dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorok (THT) untuk memperoleh pengobatan yang tepat.

Periksakan telinga ke Dokter

Cara menjaga kesehatan telinga yang paling akhir dengan berkunjung ke dokter spesialis THT. Untuk anak-anak seharusnya 6 bulan sekali, dan orang dewasa, bila tidak ada abnormalitas anatomi atau susunan telinga dan pada kondisi sehat, bisa periksakan telinganya satu tahun sekali.

Bila ada tanda-tanda atau masalah telinga yang tidak jelas pemicunya, seharusnya selekasnya tanyakan keluh kesah Anda ke dokter spesialis THT.

Jauhi Pemakaian Cotton Buds

Bersihkan telinga dengan cotton buds sebagai rutinitas yang kurang baik. Cotton buds bisa membuat serumen (kotoran telinga) tergerak ke lubang telinga yang lebih dalam. Bila kotoran itu terendap kelamaan, kotoran bisa mengeras dalam lubang telinga.

Cotton buds rawan ketinggalan dalam lubang telinga hingga bisa menutup gendang telinga dan menyebabkan pendengaran berkurang.

Cotton buds seharusnya dipakai untuk bersihkan daun telinga saja. Kotoran di sekitar lubang telinga malah dibutuhkan membuat perlindungan telinga, terhitung mengusung debu di luar supaya tidak masuk ke telinga.

Disamping itu, jauhi bersihkan telinga dengan memakai jemari benda yang lain atau tangan.

Jauhi Berada di Lingkungan yang Berisik

Sering ada di lingkungan yang berisik bisa jadikan organ pendengaran tuli.

Bila harus terpaksa kerap atau dalam periode waktu lama ada di dalam lingkungan yang berisik, misalkan bekerja di pabrik, seharusnya pakai perlindungan telinga supaya nantinya organ pendengaran tidak terganggu.

Jauhi Pemakaian Headset

Pemakaian headset dalam periode waktu lama bisa mengusik pendengaran, khususnya untuk Anda yang mempunyai rutinitas dengarkan musik menggunakan headset di saat sebelum tidur atau jalan.

Seharusnya, mengatur waktu pemakaian headset dengan memakainya kurang dari 1 jam, dan saat memakai headset tidak boleh memakai volume yang terlampau keras.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url