Cara Mengatasi Sakit Kepala Akibat Sinus

Sinus atau sinusitis sebagai infeksi ke-2 yang ter sering ditemui dokter umum dalam prakteknya setiap hari. Oleh karenanya, Anda janganlah sampai meremehkan penyakit ini.

Sinusitis bisa disebabkan karena virus atau bakteri. Bila sinusitis disebabkan karena virus, umumnya keadaan ini akan lebih baik dengan sendirinya saat ketahanan badan meningkat.

Jika sinusitis disebabkan karena infeksi bakteri, keadaan ini harus diatasi secara cepat dan benar saat sebelum beralih menjadi sinusitis yang kronis.

Resiko terserang sinusitis semakin tinggi jika Anda mengalami flu, ada polip di hidung, dan ada perubahan rongga hidung. Resiko bertambah bila Anda alami alergi awalnya hingga ada bengkak pada selaput hidung.

Bukan hanya membuat hidung dan muka terasa tidak nyaman, sinus bisa memunculkan tanda-tanda ngilu pada gigi sampai ngilu kepala. Tanda-tanda dari ngilu kepala karena sinusitis, diantaranya:

Tanda-tanda sakit ke karena sinusitis ini nyaris serupa tanda-tanda migrain. Bila pasien migren cuman rasakan sakit pada satu segi kepala saja, sakit ke karena sinusitis umumnya seakan terjadi penekanan di dahi dan kepala sisi atas.

Berbicara masalah sakit di kepala yang disebabkan karena sinusitis, sesekali Anda ingin menangani sakit di kepala tanpa mengonsumsi obat-obatan. Ada cara-cara alami ala-ala rumahan yang dapat Anda pakai untuk hilangkan sakit di kepala karena sinusitis.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Akibat Sinus


Cara Mengatasi Sakit Kepala Akibat Sinus

Kompres hangat

Langkah untuk kurangi sakit di kepala dan ngilu di wajah atau hidung saat diserang sinusitis dengan menerapkan kompres hangat. Kompres hangat akan menghangatkan hidung hingga sumbatan akan lenyap dan rasa ngilu mereda.

Konsumsi teh jahe

 jahe mempunyai karakter anti inflamasi alami. Bila Anda membuat teh jahe langsung dari rebusan atau seduhan jahe yang dipotong lalu diparut, teh itu bisa memberi dampak menenangkan dan bisa kurangi penekanan di kepala.

Teh jahe hangat yang ditambah lagi madu bisa kurangi tanda-tanda sinusitis seperti sakit hidung mampet dan kerongkongan.

Mandi air hangat atau sauna

Mandi sama air hangat atau masuk ke ruang sauna bisa buka aliran hidung dan menurunkan rasa nyeri. Uap panas saat mandi atau pada ruangan sauna melakukan tindakan berupa larutan garam yang mempercayakan panas untuk meluaskan dan menentramkan rongga sinus.

Tetapi, tidak boleh mandi air hangat atau ada di ruang sauna terlampau lama. Bukanlah sumbatan dan ngilu menyusut, justru kepala dapat semakin sakit.

Konsumsi kayu manis

Kayu manis sebagai makanan anti inflamasi alami yang bermanfaat untuk menurunkan sakit di kepala karena sinusitis. Anda dapat menambah kayu manis dengan madu, selanjutnya ditelan, hingga tanda-tanda sinusitis seperti sakit di kepala dan sakit kerongkongan dapat mereda.

Pakai humidifier

Biasanya, sakit di kepala karena sinusitis ada saat malam hari karena udara terasa lebih kering. Untuk menanganinya sekalian kurangi iritasi aliran hidung, gunakanlah humidifier. Humidifier sebagai pelembab udara yang bisa diberi cairan wewangian terapi untuk menentramkan pikiran.

Konsumsi makanan pedas

Konsumsi makanan pedas akan memperlancar aliran hidung hingga ngilu di wajah dan kepala akan berkurang. Ini karena cabe memiliki kandungan capsaicin yang dipandang seperti pembasmi merasa sakit alami.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url