Cara Memilih Ikan Yang Segar | Bundakita

Cara memilih ikan yang segar perlu Anda kenali supaya tidak beli dan mengolah ikan yang kwalitasnya rendah dan keadaannya tidak bagus untuk kesehatan.

Sekarang ini tidak dapat dipungkuri, di pasar, ada penjual yang 'nakal' dengan jual ikan yang tidak segar. Karenanya, sebagai customer atau konsumen, Anda harus membekali diri dengan kebolehan membandingkan ikan fresh dengan ikan yang tidak fresh lagi.

Memproses ikan yang telah tidak fresh membuat Anda kehilangan manfaat dan nutrisi ikan secara maksimal. Mengosumsi ikan fresh, lebih bagus untuk kesehatan. seperti ditemui, ikan kaya protein, vitamin, mineral, sampai lemak omega 3.

Ikan fresh dapat dipahami sebagai ikan mati, yang dijual, tapi keadaannya sama hampir serupa dengan keadaan saat ikan tersebut hidup.

Dengan demikian, ada beberapa cara untuk membandingkan mana ikan yang sudah tidak fresh dan fresh.

Cara Memilih Ikan Yang Segar


Berikut sejumlah cara memilih ikan yang segar

sisik ikan segar


1. Sisik

Ikan yang fresh dan berkualitas baik bisa disaksikan dari sisik dan kulitnya. Sisik ikan dan kulit ikan kelihatan lebih jelas dan mengkilap. Kebalikannya, ikan yang udah tidak baik, kulitnya kusam.

mata ikan segar


2. Mata

Mata ikan yang fresh kelihatan lebih jelas dan jernih bila diperbandingkan dengan ikan yang mempunyai kualitas lebih rendah. Kecuali jelas dan jernih, bola mata ikan condong warna hitam. Bila diraba, permukaan mata akan kelihatan lebih mencolok dan kenyal.

3. Perut

Tanda ikan masih fresh, yaitu mempunyai perut kenyal dan dapat balik ke wujud sebelumnya saat ditekan. Sedang bila perut berasa lunak, mengisyaratkan ikan itu mempunyai kualitas yang kurang.

4. Insang

Angkat penutup insang disamping kepala ikan. Bila insang itu warna merah fresh dan bersih, ikan tersebut berkualitas baik. Tetapi, bila insang telah warna abu atau kecokelatan, pertanda ikan itu tidak segar.

5. Berbau

Ikan yang fresh dan berkualitas baik mempunyai wewangian yang ciri khas dan fresh. Kebalikannya, bila Anda menghirup aroma menusuk dan amat amis, ditegaskan ikan itu tidak segar.

6. Daging

Ikan yang fresh mempunyai warna daging lebih jernih. Sedang ikan yang tidak fresh mempunyai warna daging kusam. Bukan hanya itu, daging ikan yang tidak fresh akan gampang remuk.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url