Cara agar Anak Senang Makan Buah ala BundaKita

Cara agar anak senang makan buah harus dipahami beberapa orangtua. Masalahnya tidak dapat dipungkiri, banyak anak yang kurang sukai konsumsi buah-buahan, baik buah tertentu atau nyaris semua tipe buah.

Walau sebenarnya, di masa mereka, anak benar-benar memerlukan manfaat dari buah. Sudah diketahui, buah memiliki kandungan berbagai mineral dan vitamin yang bisa mencegah penyakit.

Buah memiliki kandungan glukosa dan fruktosa untuk sumber kalori yang berguna dalam periode perkembangan anak, sebagaimana untuk menolong menambah berat tubuh anak.

Ada beragam kegunaan dengan anak mengkonsumsi buah dengan teratur, seperti pencernaan lebih bagus dan mempunyai berat tubuh bagus.

Lalu, bagaimana bila anak Anda kurang menggemari buah atau bahkan juga malas konsumsi buah? Tidak boleh cemas karena ada cara-cara yang dapat Anda terapkan untuk sang kecil.

Cara agar Anak Senang Makan Buah


Berikut sejumlah cara agar anak senang makan buah

Makan buah sekalian bermain peran

Menjadikan makan buah jadi peristiwa yang membahagiakan untuk anak. Triknya, mengajak anak Anda bermain peran jadi binatang tertentu yang makan buah kegemarannya.

Misalkan, bermain peranan jadi monyet yang makan pisang, burung yang makan semangka, gajah yang makan apel, dan lain-lain.

Sajikan beragam tipe buah

Suguhkan berbagai tipe buah potong seperti menyuguhkan rujak. Anda bisa juga menambahkan buah beku dan buah kering di dalamnya. Diamkan sang kecil mencicip sama sesuai kemauannya.

Lainnya bisa menolong sang kecil menyenangi buah, hidangan buah potong ini bagus untuk perubahan motorik lembut, terutamanya untuk anak umur 1-4 tahun.

Suguhkan buah berbentuk pure

Pure sebagai bahan makanan yang dilembutkan sampai stabilitasnya sama bubur. Menyuguhkan buah berbentuk pure jadi satu di antara langkah gampang supaya sang kecil ingin makan buah.

Ini benar-benar berguna khususnya saat anak sedang tumbuh gigi (umur 6 bulan-2 tahun). Waktu itu gusinya tidak nyaman hingga kerap kali sang kecil malas makan.

Pure yang dihidangkan dingin bukan hanya nikmat, tapi dapat menolong menangani ketidaknyamanan anak saat tumbuh gigi.

Selipkan buah pada menu makanan

Supaya anak Anda ingin makan buah, Anda bisa coba menyelipkan buah pada menu makanan yang dicintainya.

Misalkan, jika sang kecil suka makan serealia, Anda dapat menambahkan serealia dengan pisang yang dipotong kecil-kecil. Atau jika sang Kecil menyenangi roti, Anda bisa mengoleskan selai buah yang dibuat sendiri ke dalam roti.

Menjadikan buah sebagai smoothies atau es cream

Smoothies sebagai minuman dengan bahan dasar susu atau yoghurt yang bisa digabung dengan buah-buahan. Campur berbagai tipe buah ke smoothies sesuai dengan selera anak. Seharusnya jauhi pemakaian gula pasir agar anak tidak kelebihan konsumsi gula.

Karena memiliki kandungan produk susu sapi, pemberian smoothies dapat diberikan saat anak berumur delapan bulan ke atas. Yakinkan jika sang kecil tidak mempunyai riwayat alergi susu sapi.

Jika anak suka makan es cream, Anda bisa juga membuat es cream berbahan dasar buah-buahan.

Satu antara buah yang paling pas dibikin es cream ialah pisang. Anda cukup membekukan pisang di lemari es, selanjutnya diblender. Jadilah es cream pisang yang sedap dan bergizi.

Es cream halus berbahan berbentuk buah tanpa kombinasi bahan lain dapat diberi saat sang kecil mulai memperoleh MPASI.

Mengajak anak membeli dan mempersiapkan buah untuk dirinya

Bawalah anak Anda ke pasar atau swalayan, diamkan ia pilih buah yang memikat untuknya.

Ikut Sertakan anak saat Anda mempersiapkan buah itu untuk dikonsumsi. Ini semakin lebih menghidupkan keingintahuan dan hasrat makannya. Langkah ini efisien diaplikasikan pada anak berumur setahun ke atas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url