Cara Menjaga Kesehatan Mental Saat Ekonomi Jatuh

Ketidakberhasilan di bagian ekonomi dapat mengganggu kesehatan mental. Kerap kali orang siap untuk sukses, tapi gagap saat alami kegagalannya atau kepailitan.

Kebangkrutan sering meninggalkan beban mental yang berbuntut trauma. Bila tidak selekasnya diatasi, akan berbahaya.

Kesehatan psikis yang turun dapat tingkatkan resiko depresi berlebihan sampai memacu kecemasan. Lambat atau cepat, mereka yang terimbas dan tidak diatasi akan alami Stres akut.

Itulah kenapa, perlu pengobatan atau penyiapan khusus bila satu saat hadapi kegagalan supaya tidaklah sampai mengganggu kesehatan mental.

Berikut cara menjaga kesehatan mental saat ekonomi jatuh


Berikut cara menjaga kesehatan mental saat ekonomi jatuh

1. Mencari Rekan untuk Bicara

Merendam banyak permasalahan dalam hati dan pemikiran, itu tak sehat. Karenanya, Anda perlu menumpahkan isi hati ke beberapa orang paling dekat untuk menentramkan pikiran yang penat.

Anda dapat bercerita permasalahan yang ditemui ke orang tua, pasangan, atau famili. Minta kontribusi dari tenaga profesional bila Anda merasa perlu supaya permasalahan kesehatan psikis dapat diminimalisir.

2. Mencari Hal Baru untuk Memenuhi Kebutuhan Ekonomi

Tidak gampang untuk mengawali peluang usaha baru di zaman saat ini ini. Tapi, tidak ada kelirunya untuk coba mengawalinya dari nol. Mulai dengan lakukan suatu hal yang Anda sukai, lalu menjadikan hobi itu sebagai kesempatan bisnis.

Misalkan, Anda suka membuat kue atau mengolah. Coba untuk buka kesempatan usaha katering. Tak perlu tergesa-gesa, Anda dapat kerjakan ini secara bertahap dan perlahan-lahan.

3. Buat Daftar Anggaran

Tidak ada kelirunya untuk membikin lis pengeluaran setiap hari sampai setahun ke depan. Hal bermanfaat untuk mengelola keuangan yang Anda punyai sampai keadaan ekonomi kembali stabil.

4. Sempatkan Waktu untuk Memanjakan Diri Sendiri

Walau masih juga dalam periode susah, tidak berarti Anda tidak dapat memanjakan diri sendiri. Anda dapat lakukan beberapa kegiatan yang dicintai tak perlu keluarkan banyak uang.

Contoh, Anda yang suka menulis dapat memulai untuk membuat blog. Bila Anda sukai menyanyi, coba untuk isi waktu senggang dengan menyanyi dan menguploadnya di media sosial. Siapa yang tahu ini bisa saja peluang Anda menjadi seorang influencer.

5. Kurangi Membaca Informasi yang Menggelisahkan

Tidak ada kelirunya Anda ingin membaca informasi atau menyaksikan. Tapi, saringlah beberapa berita yang yang tidak dan patut. Jauhi informasi yang kiranya dapat menggelisahkan Anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url