Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Rasa Takut Naik Pesawat

Untuk beberapa orang, perjalanan naik pesawat sebagai aktivitas yang membahagiakan dan dinanti-nantikan. Tetapi, untuk beberapa fobia naik pesawat, pasti jadi permasalahan besar.

Menurut psikiater medis dari University of Vermont, Matthwe Price, tidak ada keterangan khusus kenapa seorang dapat fobia naik pesawat.

Dia menyangka jika perasaan takut itu ada karena tidak pernah naik pesawat, punyai kejadian buruk dengan penerbangan awalnya, dan berasa trauma atau kuatir karena ada di ruangan tertutup tanpa jalan keluar.

Walau sebenarnya, perjalanan naik pesawat sebagai suatu hal yang paling harus bila ingin melancong jauh, seperti perjalanan ke luar negeri.

Jika Anda terhitung salah seseorang yang kuatir atau takut jika melancong memakai pesawat, ada cara-cara untuk hilangkan kegundahan dan ketakutan itu, yang dapat Anda coba.

Cara Menghilangkan Rasa Takut Naik Pesawat


Berikut cara menghilangkan rasa takut naik pesawat

1. Kenali Pemrakarsa Rasa Takut

Dengan ketahui pemrakarsa perasaan takut naik pesawat, Anda bisa pelajari dengan cermat bagaimana reaksi kekhawatiran dapat terpacu.

Maksudnya untuk mengenali beberapa hal detil yang memunculkan kekhawatiran saat naik pesawat hingga Anda dapat lakukan strategi untuk menanganinya.

2. Melancong Bersama Keluarga atau Rekan

Melancong bersama bagian keluarga atau beberapa rekan bisa memberi warna perjalanan Anda. Anda bisa isi waktu dengan mengobrol dan menceritakan saat di pesawat hingga dapat lupakan perasaan takut sepanjang perjalanan.

Selainnya menurunkan perasaan takut, terlibat perbincangan dengan rekanan satu perjalanan dapat memperkuat jalinan yang terikat.

3. Lakukan Aktivitas Positif Saat di Pesawat

Mengisi waktu Anda dengan kegiatan positif saat di perjalanan. Anda bisa bawa novel untuk dibaca, dengarkan musik dari gawai, atau melihat film yang sudah dipersiapkan awalnya.

Dengan lakukan beragam aktivitas, Anda akan sesaat lupakan perasaan takut hingga bisa nikmati penerbangan secara nyaman.

4. Pilih Waktu Terbang yang Paling Nyaman

Hal yang lain bisa Anda kerjakan untuk mengakali perasaan takut naik pesawat ialah sesuaikan agenda penerbangan sama waktu istirahat.

Contoh, pilih pesawat yang terbang saat malam hari dan sampai pada tempat arah saat pagi hari. Dengan demikian, Anda bisa istirahat di pesawat dan terjaga dengan fresh untuk selekasnya melakukan aktivitas pada tempat arah.

Jika Anda habiskan perjalanan dengan tidur, pemikiran tidak tidak tercukupi oleh perasaan takut naik pesawat.

5. Konsultasi dengan Pakarnya

Sudah lakukan beragam taktik untuk menangani perasaan takut naik pesawat, tetapi hasilnya tidak demikian efisien? Ini waktunya Anda konsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk dilaksanakan penilaian selanjutnya.

Dengan demikian, Anda bisa ketahui langkah yang terbaik untuk selalu berasa nyaman sepanjang lakukan perjalanan udara di masa datang.


BundaKita
BundaKita Emak / Ngeblog / Nyuci / Nyambel / Ngemong dst.