Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Bintitan pada Anak

Anda barangkali sempat dengar kalimat "urban legend" jika bintitan pada anak muncul karena sang kecil melihat orang yang mandi. Sudah pasti hal itu cuman dogma semata.

Bintitan pada anak termasuk hal yang cukup biasa terjadi. Bintitan biasanya disebabkan karena bakteri Staphylococcus aureus.

Hal itu karena ada infeksi di tempat bulu-bulu mata anak hingga mengakibatkan lebam dan ada nanah. Biasanya sisi bulu-bulu yang tidak terbangun kebersihannya membuat anak alami bintitan.

Bintitan pada anak diikuti dengan tonjolan kemerahan serupa bisul atau jerawat yang ada di pinggir atau tengah kelopak mata sisi atas atau bawah.

Bintitan bisa lenyap sendirinya dalam kurun waktu sekian hari. Walau tidak beresiko, bintitan kerap kali memunculkan merasa tidak nyaman dan mengusik kegiatan anak. Karena itu, jadi orang tua perlu ketahui langkah menangani bintitan pada anak.

Cara Mengatasi Bintitan pada Anak


Berikut cara-cara menangani bintitan pada anak,

1. Air Garam

Air garam dapat berperan menangani infeksi bakteri hingga dalam kasus bintitan, larutan itu dapat dipakai. Langkah menyembuhkan mata bintitan sama air garam sama dengan point awalnya, yaitu Anda tinggal menambah garam seperlunya sama air.

Tetapi, dikenang, upayakan air garam ini tidaklah sampai masuk ke mata sebab bisa buat mata perih.

2. Kantong Teh

Sebuah riset memperlihatkan jika menempatkan kantong teh di wilayah bintitan bisa menurunkan ngilu dan lebam. Triknya, dengan rebus kantong teh dan diamkan dingin.

Lalu, tempatkan kantong teh yang telah didinginkan di mata anak dan tahan di tempatnya sepanjang sepuluh menit. Ulang langkah ini sekitar 5 kali satu hari.

3. Mengompres Kelopak Mata dengan Air Hangat

Langkah ke-3 untuk menangani bintitan pada anak adalah mengompres kelopak mata anak sekitar 2-4 kali satu hari. Pakai handuk bersih yang telah dipendam air hangat dan biarkan pada kelopak mata anak sesaat.

4. Minyak Kelapa

Dalam jurnal Antimicrobial Activity of Coconut Oil and its Derivative (Lauric Acid) on Some Selected Clinical Isolates, minyak kelapa disebutkan mempunyai karakter antimikroba dan bisa menolong menahan penebaran bakteri. Ini dapat digunakan untuk menyembuhkan bintitan pada anak.

Triknya, Anda ambil beberapa tetes minyak kelapa dan berikan pada bintitan anak. Berhati-hati janganlah sampai dipakai terlalu berlebih sebab bisa masuk ke mata dan mengakibatkan iritasi.

5. Kunyit

Kunyit bukan hanya bermanfaat sebagai penyedap rasa masakan. Menurut sebuah jurnal yang dipublikasi oleh Research Gate, bumbu dapur satu ini mempunyai karakter antimikroba yang bisa menolong menahan penebaran infeksi, seperti bintitan pada anak.

Langkah memakainya, Anda campur sedikit air dengan bubuk kunyit untuk membikin pasta dan berikan pada tempat bintit. Diamkan sepanjang 15 menit dan basuh. Ulang ini sampai tonjolan mulai lenyap.

Langkah yang lain, Anda dapat mencelupkan waslap ke air kunyit hangat dan memoleskannya pada mata sang kecil.

BundaKita
BundaKita Emak / Ngeblog / Nyuci / Nyambel / Ngemong dst.