Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencegah Tukak Lambung

Tukak lambung ialah keadaan di mana susunan lambung atau pada bagian atas usus lembut Anda alami cedera. Keadaan ini bisa memunculkan rasa ngilu seperti terbakar.

Disamping itu, tanda-tanda yang bisa dirasakan dapat bervariatif, mulai terasa begah, mual, muntah, dan tanda-tanda yang lain yang membuat Anda kurang selera makan sampai mengusik tidur.

Kebanyakan asam lambung yang dibuat dapat menjadi penyebab tukak lambung. Penyebab asam lambung berlebihan umumnya disebabkan karena pemakaian obat antinyeri terlalu berlebih atau sering.

Itu kenapa, Anda perlu menerapakan gaya hidup yang sehat supaya tidak alami permasalahan kesehatan seperti tukak lambung.

Cara Mencegah Tukak Lambung


1. Jauhi Makanan yang Bisa Membuat iritasi Lambung

Coba agar semakin memerhatikan signal dari badan Anda. Kenali saat badan Anda 'menolak' apa yang Anda makan. Jika rasanya membikin tidak nyaman pada lambung, jauhilah mengkonsumsinya selanjutnya.

Walau tiap orang berbeda, ada banyak makanan yang sering memacu ngilu lambung, seperti makanan yang memiliki sifat pedas, buah yang asam, dan makanan banyak mengandung lemak . Maka, Anda perlu lebih siaga pada makanan itu.

2. Stop Merokok

Satu antara cara mencegah tukak lambung dengan stop merokok. Harus dipahami jika merokok memungkinkan terciptanya cedera lebih gampang dibanding mereka yang tidak merokok.

Oleh karenanya, bila ingin terbebas dari penyakit tukak lambung, selekasnya mencari langkah untuk stop dari rutinitas jelek ini.

3. Latihan untuk Minum Alkohol Selayaknya

Apa Anda kerap minuman mengandung alkohol? Konsumsi alkohol terlalu berlebih sudah bisa dibuktikan berperan pada perubahan terciptanya tukak lambung. Bahkan juga dapat jadi parah tanda-tanda tukak lambung Anda.

Karenanya, awasi konsumsi alkohol Anda. Jika dapat, berhenti sajalah konsumsi minuman mengandung alkohol.

4. Jauhi Konsumsi Obat Antinyeri secara Asal-asalan

Jika Anda memerlukan obat antinyeri, lihat tidak untuk mengkonsumsinya dengan teratur. Khususnya kelompok antiinflamasi nonsteroid (OAINS), seperti aspirin dan ibuprofen.

Bila Anda perlu mengkonsumsinya, minumlah obatnya dengan konsumsi makana hingga turunkan resiko untuk memacu iritasi pada susunan lambung.

5. Kontrol Kandungan Depresi Anda

Mengontrol depresi penting sebagai cara mencegah tukak lambung. Bagaimana triknya? Anda dapat lakukan olahraga teratur dan tehnik rileksasi (misalkan, latihan pernafasan dalam, meditasi, dan lain-lain).

Disamping itu, Anda bisa coba yoga atau tai chi untuk menolong menentramkan pemikiran sekalian sehatkan badan.

BundaKita
BundaKita Emak / Ngeblog / Nyuci / Nyambel / Ngemong dst.