Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Belakangan ini, penyakit jantung tidak menyaksikan umur. Siapa saja dapat alami penyakit jantung, baik itu kelompok anak-anak sampai orang dewasa.

Penyakit jantung dikenali sebagai penyakit kardiovaskular, sebagai beberapa penyabab khusus kematian di dunia.

Karena itu, mempertahankan kesehatan jantung itu penting karena jantung sebagai organ penting yang berperan untuk memompa darah ke semua badan.

Pemicu khusus seorang dapat alami penyakit jantung adalah mempunyai skema pola hidup yang kurang sehat.

Walau belum diketemukan langkah untuk ketahui kapan Anda alami penyakit jantung, sebaiknya Anda dapat memperhatikan faktor-faktor resiko agar dapat menghindarinya saat sebelum terjadi.

Ada banyak hal yang dapat Anda kerjakan untuk menahan resiko terkena penyakit jantung. Perlakuan ini bukan hanya ditujukan untuk orang yang sehat saja, tapi juga untuk pasien jantung yang tidak mau penyakitnya kembali kumat.

Berikut langkah menahan resiko penyakit jantung yang dapat Anda aplikasikan

1. Jaga Penekanan Darah

Tekanan darah tinggi sebagai factor resiko khusus penyakit jantung koroner. Karena itu, turunkan konsumsi garam dan konsumsi obat tekanan darah dengan teratur untuk mengatur tekanan darah Anda.

Disamping itu, penting untuk periksakan tekanan darah, minimal satu tahun sekali. Biasanya, tekanan darah seorang secara bagus di antara 90/60mmHg dan 120/80mmHg. Tekanan darah dipandang tinggi saat hasil pengecekan sekitar 140/90mmHg atau semakin tinggi.

2. Jaga Kandungan Cholesterol

Selainnya tekanan darah yang perlu dikendalikan, kandungan cholesterol pada tubuh penting diingat. Satu antara patokan cholesterol yang penting Anda lihat ialah cholesterol LDL (low-density lipoproteins).

Cholesterol ini kerap dikenali dengan cholesterol jahat yang bisa menutup arteri dan tingkatkan resiko penyakit arteri koroner dan penyakit serangan jantung.

Dengan jaga semua nilai kandungan cholesterol dalam batasan normal, memiliki arti Anda ikut lakukan langkah untuk menahan penyakit serangan jantung tiba-tiba.

3. Mengontrol Kandungan Gula Darah

Kandungan gula darah yang tinggi dan tidak termonitor bisa mengakibatkan kerusakan pembuluh darah, terhitung pembuluh darah di jantung.

Penting untuk Anda untuk periksakan kandungan gula darah dengan teratur dan menjauhi dari makanan yang mempunyai kandungan gula kebanyakan.

Cara Mencegah Risiko Penyakit Jantung


4. Stop dan Menghindar Paparan Asap Rokok

Merokok ialah factor resiko yang paling beresiko sekalian termudah untuk ditiadakan dampaknya. Merokok bisa tingkatkan tekanan darah dan menambahkan resiko terserang penyakit serangan jantung, dan penyakit akut yang lain.

Resiko terserang penyakit serangan jantung pada perokok 2x semakin besar dibanding orang yang tidak merokok.

Bila Anda ialah perokok, selekasnya stop atau turunkan frekwensi merokok, dan untuk Anda yang tidak merokok, jangan sampai mengawalinya.

5. Jaga Berat Tubuh Masih tetap Konstan

Jaga berat tubuh masih tetap bagus bisa turunkan resiko ini. Berat badan yang berlebih atau kegemukan bisa tingkatkan resiko penyakit jantung. Jika sekarang ini Anda alami kegemukan, lakukan upaya-upaya untuk turunkan berat tubuh.

Anda dapat turunkan berat tubuh dengan ikuti skema makan yang sehat dan olahraga teratur.

Lingkar pinggang dan prosentase lemak yang turun akan langsung menahan dan kurangi resiko Anda terserang penyakit serangan jantung.

6. Olahraga Secara Teratur

Tidak cuman dapat menjaga berat tubuh bagus, olahraga bisa tingkatkan ketahanan organ jantung dan paru. Sempatkan diri untuk lakukan olahraga aerobik, seperti jalan cepat, jogging, berenang, dan naik sepeda.

Anda dapat lakukan olahraga itu dengan intensif sedang sekitar 3-5 kali dalam satu minggu dengan durasi waktu 30 sampai 60 menit.

Ini menolong Anda turunkan cholesterol dan tekanan darah, yang disebut factor resiko penyakit jantung.

7. Konsumsi Makanan Sehat

Riset mengatakan jika elemen kimia yang tidak konstan atau disebutkan radikal bebas membuat badan rawan terserang penyakit serangan jantung. Karena, radikal bebas dapat memacu berlangsungnya karies sumbatan di pembuluh darah (aterosklerosis).

Radikal bebas ini bisa dinetralkan oleh anti-oksidan dari makanan memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Disamping itu, jauhi konsumsi makanan memiliki kandungan lemak jemu dan awasi konsumsi daging merah dan gula untuk menahan penyakit serangan jantung.

Tambahkan konsumsi ikan laut, ayam, sayur dan buah, dan gandum supaya jantung selalu sehat.

8. Jauhi Minuman Mengandung alkohol

Mengonsumi satu gelas anggur merah tiap hari bisa menolong menahan penyakit serangan jantung. Namun, konsumsi alkohol lebih dari itu malah akan berbahaya untuk kesehatan jantung dan mekanisme organ badan keseluruhannya.

Agar bisa turunkan resiko Anda terserang penyakit jantung, seharusnya Anda menghindar atau mungkin tidak konsumsi minuman mengandung alkohol. Disamping itu, Anda bisa mempertahankan kesehatan badan dengan optimal.

BundaKita
BundaKita Emak / Ngeblog / Nyuci / Nyambel / Ngemong dst.