Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget dengan Bijak

Handphone sebagai benda yang tidak dapat dilepaskan dari manusia di zaman kekinian. Keadaan itu membuat manusia jadi ketagihan dan benar-benar keterikatan.

Tidak cuma orang dewasa, ketagihan handphone mulai serang anak-anak. Ini satu salah satunya karena beberapa orangtua mulai memberi handphone sejak dari kecil, seumpama supaya sang kecil tidak rewel.

Walau sebenarnya, memberi handphone ke anak menjadi pedang bermata dua. Bila tidak dikendalikan secara benar, si anak akan ketagihan dan mengganggu tumbuh berkembangnya.

Bahkan juga telah banyak anak-anak yang alami permasalahan pandangan karena kelamaan bermain handphone. Itu kenapa, orangtua perlu mengakali keadaan ini dengan arif.

Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget dengan Bijak


Berikut langkah menahan anak ketagihan handphone dengan arif

1. Beri Contoh Langsung

Anak-anak akan ikuti apa yang sudah dilakukan orang tuanya, bukan apa yang disebutkan orang tuanya. Bila mereka menyaksikan Anda habiskan beberapa waktu di handphone, mereka akan lakukan hal sama.

Karenanya, dengan memberikan contoh dan konsentrasi pada tumbuhkan rutinitas sehat untuk diri kita (seperti membaca, naik sepeda, dan sebagainya) untuk menggerakkan anak-anak Anda ikuti rutinitas yang serupa.

Sekurang-kurangnya, coba untuk awasi saat yang Anda habiskan untuk memakai handphone (terutamanya handphone) saat ada di dekat anak Anda.

2. Beri Ketentuan Ketat

Jadi orang tua yang bertanggungjawab, Anda perlu pastikan anak Anda mempunyai pola hidup dan rutinitas yang sehat. Buat keputusan dan tekankan Anda untuk batasi rutinitas kurang sehat seperti kebanyakan melihat TV atau computer, tidak perduli permintaan dan godaan.

Yakinkan untuk menerangkan ke mereka argumen dibalik keputusan Anda.

Ketentuan ringkas yang bagus ialah 'no screen-time; untuk anak-anak di bawah 18 bulan, dan satu jam setiap hari untuk anak-anak di antara 2-5 tahun. Di luar ini, coba dan awasi waktu monitor sebanyak-banyaknya (khususnya media digital) dan jangan dibiarkan melewati 2-3 jam setiap hari dengan optimal.

3. Sibukkan Anak dalam Aktivitas Lain

Untuk batasi ketagihan handphone, penting untuk memakai energi anak Anda yang menghidupkan rasa ingin ketahui mereka. Sibukkan anak Anda dalam aktivitas yang berguna, seperti membaca dengan suara keras, olahraga, latih seni dan kreasi, dan lain-lain.

4. Awasi Jumlah Handphone di Rumah

Saat beli handphone, coba dan awasi jumlah keseluruhan handphone di dalam rumah dengan menimbang manfaat dan keterjangkauan. Anak-anak tidak begitu memerlukan versus terkini dari tiap games atau netbook.

Coba dan tegas sama ini semenjak awalnya, dan untuk diri Anda sendiri. Coba awasi jumlah handphone yang kelihatan di dalam rumah.

5. Beri Sanjungan

Paling akhir, penting untuk beri pujian usaha anak Anda saat dia usaha mengutamakan kegiatan lain dibanding bermain handphone, atas tekadnya sendiri. Beri pujian sikap positif akan menggerakkan anak Anda untuk selalu melakukan.

BundaKita
BundaKita Emak / Ngeblog / Nyuci / Nyambel / Ngemong dst.