Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membasmi Kutu Kasur

Langkah memberantas kutu kasur benar-benar dibutuhkan untuk jadikan tidur Anda semakin nyenyak atau pulas. Kutu kasur yang ada di tempat tidur atau tempat beristirahat yang lain sering membuat kulit gatal.

Kutu kasur kerap bersarang pada tempat tidur, sofa, dan perlengkapan rumah tangga yang lain. Bila tidak diberantas, kutu kasur dapat mengakibatkan reaksi alergi yang kronis.

Kutu kasur mempunyai ukuran yang kecil. Karena ukuran itu, orang kurang mengetahui dihinggapi kutu kasur. Orang akan sadar saat rasa gatal mulai serang.

Kutu kasur jadi pertanda tempat beristirahatmu kerap dibikin bersih dengan teratur atau mungkin tidak. Orang yang perduli dan sering bersihkan tempat tidur, sofa, atau perlengkapan yang lain, akan semakin jarang-jarang dihinggapi oleh kutu kasur.



Berikut langkah memberantas kutu kasur

1. Membersihkan dengan Vacuum Cleaner

Bersihkan rumah dan perlengkapan dengan vacuum cleaner menjadi langkah menangani kutu kasur.

Kutu kasur umumnya jarang-jarang berada di beberapa benda yang terurus betul. Hewan itu kerap ada di beberapa benda yang kotor, lembap, dan jarang-jarang dibikin bersih. Memiliki bentuk yang kecil membuat susah dibikin bersih dengan disapu biasa.

Karenanya, pakai vacuum cleaner untuk bersihkan sofa, karpet, dan kasur. Alat itu lebih mempunyai kekuatan untuk mengisap kotoran yang tidak nyata hingga peluang kutu kasur untuk terhisap semakin tinggi.

Ditambah, musim kemarau menggerakkan perkembangan kutu kasur semakin cepat. Oleh karenanya, tambahkan frekwensi beres-beres Anda pada musim kemarau.

2. Bersihkan Bed Cover dengan Baik dan Betul

Sebaiknya anda rajin menukar dan membersihkan bed cover minimum satu bulan sekali, sebagai langkah memberantas kutu kasur. Karena, kutu kasur tidak gampang kelihatan dengan mata telanjang, jadi asumsi jika bed cover Anda masih bersih, bisa jadi salah.

Seharusnya membersihkan bed cover memakai air panas, tidak boleh air dingin. Air panas dipakai supaya betul-betul dapat membunuh serangga itu. Lantas, langkah menjemurnya bukan diangin-angin, tapi di bawah cahaya matahari langsung.

3. Tidak boleh Bedah Koper di Atas Tempat Tidur

Jangan sampai membedah koper sisa berlibur Anda di atas tempat tidur. Ini karena kotoran dan kutu kasur yang bersarang di koper, yang kemungkinan terikut dari tempat Anda liburan, bisa beralih ke kasur.

Lebih bagus, bedah koper Anda di lantai yang jauh dari kamar. Kerjakan aktivitas ini di ruangan keluarga, lalu langsung masukan baju-baju kotor ke tempatnya atau mesin pencuci.

Seandainya kata sang kecil sempat bawa boneka ke arah tempat liburan, seharusnya dicuci lebih dulu memakai air panas dan detergen saat sebelum dia menjadi lagi rekan tidur dan rekan bermain anak Anda.

4. Sewa Jasa Pencuci Kutu Kasur

Sewa jasa pencuci menjadi opsi yang pas sebagai langkah memberantas kutu kasur . Maka, jika Anda terlampau lemas atau repot dengan hal-hal lain, tidak ada kelirunya untuk sewa jasa pencuci serangga atau kutu kasur.

Kembali juga, petugas pencuci kutu kasur mempunyai perlengkapan yang lebih hebat hingga kotoran dan debu yang lain susah tersentuh bisa dibikin bersih lebih maksimal.

5. Gunakan Kapur Barus dan Gel Silika

Cemas jika kutu kasur datang dari almari? Pakai saja kapur barus. Pemakaian kapur barus bisa menahan perkembangan serangga, seperti kutu kasur.

Jika Anda tidak terlampau sukai dengan wewangian kapur barus, pakai gel silika. Anda dapat menaburkan gel silika ke beberapa sudut almari. Dengan demikian, kutu akan melekat sendirinya pada gel itu, dan bisa secara mudah dibikin bersih nanti.

6. Jemur Kasur di Bawah Cahaya Matahari

Langkah memberantas kutu kasur yang ini telah diaplikasikan dari dahulu dan bisa dibuktikan baik. Kutu kasur tidak kuat pada temperatur panas yang tinggi.

Karenanya, rajinlah menjemur kasur Anda di bawah cahaya matahari sekitaran satu jam. Janganlah lupa untuk menjemur, bantal, guling, dan selimut.

7. Campur Kapur Barus dengan Minyak Tanah

tahap selanjutnya yang bisa Anda pakai sebagai langkah memberantas kutu kasur dengan menambahkan kapur barus dan minyak tanah.

Sesudah digabung, semprot ke semua lokasi yang jadi sarang kutu kasur, seperti kasur, sofa, karpet, dan lain-lain. Selainnya bahan yang gampang didapatkan, langkah ini bisa dibuktikan baik.

8. Semprot Air Garam

Air garam banyak memiliki faedah, satu salah satunya bisa memberantas kutu kasur. Tidak berbeda jauh dengan minyak dan kapur barus, campurkan garam ke air. Lantas, semprot pada tempat yang terkena kutu kasur secara rata.

9. Semprot Cuka

Selainnya dipakai sebagai bahan masakan, cuka menjadi langkah memberantas kutu kasur. Alihkan cuka ke tempat semprotan, lalu semprot ke kasur, sofa, atau karpet Anda. Berlainan dengan garam dan kapur barus, cuka tak perlu dipertambah air.

10. Pakai Insektisida

Langkah memberantas kutu kasur yang paling akhir dengan memakai cairan insektisida, yang mulai mudah didapat dan banyak dipasarkan di pasar.

Anda bisa manfaatkan cairan insektisida, asal sama sesuai panduan pemakaian. Yang paling penting, pilih cairan insektisida yang bisa dibuktikan aman supaya tidak mengusik pernafasan.

BundaKita
BundaKita Emak / Ngeblog / Nyuci / Nyambel / Ngemong dst.