Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Perhiasan Emas di Rumah dengan Bahan Rumahan

Langkah bersihkan perhiasan dari emas penting diketahui supaya perhiasan itu tidak kusam dan dapat digunakan lebih mengeluarkan kilau.

Beberapa wanita, serta golongan pria, yang memakai perhiasan dari emas, seperti kalung, gelang, cincin, dan anting.

Perhiasan dari emas terhitung barang bernilai, apa lagi bila dipertambah berlian atau batu bernilai lainnya.

Selainnya perannya sebagai aksesoris, perhiasan dari emas bisa juga menjadi tabungan atau investasi, karena nantinya dapat dipasarkan lagi. Itulah kenapa, pemiliknya harus rajin menjaganya dan membersihkan supaya harga jualnya masih tetap tinggi.

Ada langkah gampang untuk bersihkan perhiasan emas, yang dapat kamu kerjakan sendiri dengan beberapa bahan yang berada di rumah.

Berikut cara membersihkan perhiasan emas di rumah dengan bahan rumahan


Berikut cara membersihkan perhiasan emas di rumah dengan bahan rumahan

1. Sabun Cuci Piring

Langkah pertama ialah memakai sabun cuci piring untuk bersihkan perhiasan emas yang lusuh. Sabun cuci piring mempunyai surfaktan yang dapat hilangkan kotoran yang melekat pada emas.

Triknya dengan menambahkan sabun bersihkan piring sama air hangat, selanjutnya rendam perhiasan emas sepanjang 15 menit, lalu disikat dengan sikat gigi sampai bersih. Basuh dan keringkan dengan lap lembut.

2. Pasta Gigi

Selainnya dapat bersihkan gigi, odol dapat dipakai untuk bersihkan perhiasan emas. Triknya dengan mencampurkan odol bersama air, lalu sikat emas dengan berhati-hati memakai sikat gigi yang lembut. Kemudian basuh sampai bersih dan keringkan dengan lap yang lembut.

3. Shampo

Langkah yang seterusnya yakni memakai sampo. Shampo mempunyai zat pencuci yang dapat hilangkan kotoran yang melekat pada perhiasan emas.

Campur 2 sdm shampo sama air hangat, lalu rendam perhiasan emas sepanjang 20 menit, sikat secara halus sampai bersih, keringkan dan basuh.

4. Baking Soda

Baking soda sebagai bahan dapur yang dapat dipakai untuk bersihkan perhiasan emas. Rendam perhiasan emas dengan kombinasi 60 ml baking soda dan 2 sdm air. Basuh bersama air bersih dan keringkan dengan kain lembut.

5. Alkohol

Langkah bersihkan perhiasan emas selanjutnya yakni dengan alkohol. Rendam perhiasan emas dalam alkohol, lalu sikat sampai bersih, basuh sama air keringkan dan mengucur.

6. Amonia

Amonia adalah bahan kimia yang dapat menolong bersihkan perhiasan emas. Triknya dengan menambahkan amonia dan air dengan perbedaan 1:6, lalu rendam perhiasan emas sepanjang 1 menit.

Upayakan tangan janganlah sampai sentuh campuran amonia. Pakai pinset untuk ambil emas dan sikat gigi untuk bersihkan emas. Lalu basuh dengan air hingga bersih.

7. Air Mendidih

Langkah paling akhir untuk bersihkan perhiasan emas secara mudah di dalam rumah, yaitu sama air air panas atau mendidih. Tetapi, air mendidih cuman dapat dipakai untuk bersihkan perhiasan emas murni.

Rendam perhiasan emas murni di air yang mendidih, lalu gosok emas dengan keringkan dan sikat.

BundaKita
BundaKita Emak / Ngeblog / Nyuci / Nyambel / Ngemong dst.