Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Mainan untuk Bayi Di bawah 1 Tahun

Mainan bayi ternyata sangat penting bagi bayi. Namanya juga anak kecil, pasti sangat suka bermain. Begitupun dengan buah hati bunda, pasti gemar bermain. Apalagi jika ditemani langsung oleh bunda atau suami. 

Rekomendasi Mainan Bayi Sesuai Usia Di Bawah 1 Tahun

Dengan usianya yang masih sangat kecil, tentu saja perlu pengawasan dari orang tua ketika ia sedang bermain. Bahkan, bunda tak boleh sembarangan memberikan mainan kepada si kecil agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Rekomendasi Mainan Bayi Sesuai Usia Di Bawah 1 Tahun

Berikanlah mainan bayi sesuai usia anak. Teruntuk bunda yang mempunyai bayi di bawah 1 tahun, bukan masalah jika bunda ingin memberikannya beberapa mainan. Namun, pastikan mainan tersebut tidak membahayakan dan tidak melukai si buah hati.

Berikut ini Bunda Kita rekomendasikan beberapa mainan yang cocok dan aman untuk dimainkan bayi berusia di bawah 1 tahun. Apa saja itu?

1. Baby Playmat

Baby Playmat merupakan matras atau alas yang menjadi tempat bagi bayi untuk bermain. Jelas, alas ini berbeda dengan alas atau karpet yang umum digunakan oleh orang dewasa. 


Rekomendasi Mainan Bayi Sesuai Usia Di Bawah 1 Tahun
Playmat puzzle

Baby Playmat dirancang khusus untuk membantu bayi usia 4-6 bulan belajar tengkurap tanpa membahayakan keselamatannya. Sebab, alas ini berasal dari bahan yang pasti aman, uji sertifikasi, dan juga mudah dibersihkan.

Selain itu, warnanya juga bermacam-macam sehingga dapat menarik perhatian si kecil. Bayi dapat bermain dan belajar dengan berbekal alas yang satu ini.

2. Kerincingan Bayi

Mainan untuk bayi di bawah 1 tahun berikutnya adalah kerincingan. Mainan ini sangat ringan dan mudah digenggam oleh tangan bayi yang sangat kecil. Mainan ini bisa dibunyikan sehingga membuat bayi merasa senang. 


Rekomendasi Mainan Bayi Sesuai Usia Di Bawah 1 Tahun
Kerincingan bayi

Bukan hanya itu saja, memberikan mainan ini juga mengajarinya bagaimana cara menggenggam. Jika bunda ingin bayi belajar mengenai hal ini sembari bermain, maka berikan saja kerincingan yang sangat mudah didapatkan di toko mainan terdekat.

3. Buku High Contrast

Salah satu rekomendasi mainan untuk bayi 2 bulan atau 3 bulan adalah buku high contrast. Buku balita ini dapat  melatih bayi untuk menstimulasi penglihatannya karena terdapat kontras hitam, putih, dan merah. 


Rekomendasi Mainan Bayi Sesuai Usia Di Bawah 1 Tahun
Buku balita high contrast

Mainan ini sangat mudah bunda temukan. Sekali pun tak ada uang, bunda tetap bisa memberikan mainan ini kepada si kecil dengan cara membuatnya sendiri di rumah.

4. Kecrekan

Fungsinya kurang lebih sama seperti kerincingan, sama-sama menghasilkan suara. Hanya saja bedanya, bayi yang berusia di bawah 3 bulan belum tentu bisa memegang benda itu dengan tangannya sendiri. 


Rekomendasi Mainan Bayi Sesuai Usia Di Bawah 1 Tahun
Kecrekan bayi

Bunda bisa memainkannya sendiri dan arahkan kepada si kecil untuk mendapatkan perhatiannya. Jika pendengarannya baik biasanya ia akan menoleh ke sumber suara.

Ketika usianya sudah menginjak di atas 1 tahun, bunda bisa memberikannya karena tangannya kini sudah mulai besar sehingga ia bisa dengan mudah untuk menggenggamnya.

5. Cermin

Jangan salah, benda ini mungkin terlihat biasa saja akan tetapi untuk si kecil manfaatnya sangat besar. Bunda bisa memberikan atau mengarahkan cermin ke wajah si kecil untuk meningkatkan fokus pada bayi. 

Rekomendasi Mainan Bayi Sesuai Usia Di Bawah 1 Tahun
Cermin mainan bayi

Oh ya, pastikan bunda menggunakan cermin mainan yang memang dikhususkan untuk bayi atau anak kecil. Bukan cermin untuk orang dewasa, karena ia masih belum sanggup untuk memegangnya.

Tak hanya berguna meningkatkan fokus wajah, mainan cermin ini juga bermanfaat untuk melatih perkembangan sosial dan bahasa bayi. Bayi pun akan lebih mudah mengenali dirinya sendiri.

Itulah beberapa rekomendasi mainan untuk bayi di bawah 1 tahun yang bisa bunda beli di toko mainan terdekat di kota bunda. Pastikan bunda selalu bersama dengan si kecil agar ia merasa nyaman dan terlindungi dengan adanya orang tua di dekatnya.

BundaKita
BundaKita Emak / Ngeblog / Nyuci / Nyambel / Ngemong dst.