Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Les Privat: Kiat Memilih Tempat Les Semua Mata Pelajaran

Tempat les semua mata pelajaran memang sangat diminati ibu-ibu daripada les privat yang hanya konsentrasi dengan satu pelajaran saja. Terutama les privat SD.

Biaya Les Privat Per Hari

Dibanding dengan mencari tempat les matematika SD ataupun kursus bahasa asing, tempat les semua mata pelajaran tetaplah menjadi pemenangnya. Hal ini tentu saja karena anak usia SD masih sangat membutuhkan semua mata pelajaran dan belum mengenal jurusan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Tempat Les Semua Mata Pelajaran 

Bagi Bunda yang sedang memilih atau mencari tempat les privat SD, SMP atau jenjang apapun untuk anak tercinta, ada baiknya jika bunda menimbang dan  memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Biaya Les Privat Per Hari

Hal pertama yang harus Bunda pikirkan adalah soal biaya. Memang, tidaklah ada kata pelit untuk anak, tapi tetap saja semua harus diperhitungkan. 


Biaya Les Privat Per Hari
Harga guru private ke rumah

Sebelum memilih tempat les privat, cari tahu terlebih dahulu tentang tarif atau biaya les privat per hari dan bandingkan dengan jasa les privat SD lainnya. 

Begitu pula jika Bunda menghendaki les privat di rumah. Bunda harus betul-betul paham soal harga guru private ke rumah. Hal ini tentu saja dimaksudkan agar Bunda bisa menyiapkan anggaran sehingga tidak terbebani di kemudian hari.

2. Pilih Tempat Bimbel Terdekat

Selain biaya les per pertemuan, tempat les terdekat dan murah tentu menjadi poin plus tersendiri dalam memilih tempat les privat. Jarak yang dekat dengan rumah akan memudahkan Bunda untuk antar jemput buah hati. 

Pilih Tempat Bimbel Terdekat
Pilih tempat les terdekat dan murah

Dengan memilih tempat bimbel terdekat, Bunda sudah menghemat waktu dan biaya transportasi untuk menuju tempat les tersebut. Satu lagi yang menguntungkan pada point ini, anak-anak pun bisa lebih konsentrasi dalam belajar karena tidak terlalu capek dalam perjalanan.

3. Pilih Jasa Les Privat SD yang Terpercaya

Entah pilihan Bunda terletak pada les privat yang sudah ternama (Seperti Primagama, kumon, dll) atau les privat rumahan, tetaplah perhatikan nama dan kualitas jasa les privat tersebut. Pertanyaannya, "Bagaimana cara mengetahui kualitas jasa les privat tersebut?" 


Pilih Jasa Les Privat SD yang Terpercaya
Pilih Jasa Les Privat SD yang Terpercaya

Mudah saja. Cukup melihat prestasi dari beberapa peserta didik di tempat les semua mata pelajaran tadi. Apakah mengalami kemajuan dalam prestasi, atau malah nilainya merosot. Jika rata-rata muridnya dapat mempertahankan atau meningkatkan prestasi, berarti les privat SD tersebut memang recommended. Jika tidak? Jangan dipilih.

4. Lihat Kualitas Pembimbing dan Metode Pengajarannya

Selain memperhatikan nilai akademik dari para peserta didik, hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah melihat kualitas pembimbingnya. Jika Bunda memilih les privat rumahan, perhatikan bagaimana cara mengajar sang tutor dan latar belakang pendidikannya. 


Lihat Kualitas Pembimbing Tutor Indonesia dan Metode Pengajarannya
Pilih tutor Indonesia (Sebahasa)

Bunda bisa bertanya pada anak Bunda ketika di rumah tentang pengalaman bimbelnya. Apakah anak merasa nyaman atau justru tertekan. Untuk pembimbing les privat SD, usahakan tutor Indonesia ya Bunda. 

Dengan memilih tutor Indonesia, anak Bunda tentu lebih dapat memahami apa yang pembimbing sampaikan. Karena tidak ada logat asing yang membuat si anak harus bekerja ekstra untuk mendengarkan penjelasan tutornya.

Demikian adalah beberapa hal yang harus bunda perhatikan dalam memilih tempat les semua mata pelajaran untuk buah hati Bunda. Selain metode belajar les privat tadi, Bunda juga bisa memilih ruang les online seperti Ruang Guru dan lainnya.

Informasi di atas berguna bagi Bunda yang kurang pandai mengatur waktu tentang cara mengajar les di rumah (Offline) secara mandiri. Dengan beberapa point artikel di atas, BundaKita yakin Bunda dapat menentukan pilihan yang tepat tentang les privat mana yang cocok untuk Bunda dan buah hati.


BundaKita
BundaKita Emak / Ngeblog / Nyuci / Nyambel / Ngemong dst.