Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencuci Baju Bayi yang Benar untuk Orang Tua Baru

Bayi yang baru lahir mempunyai kulit yang paling peka sampai mereka berusia 3 bulan. Sensitivitas itu membuat kulit bayi rawan pada iritasi.

Itu kenapa, orangtua harus memerhatikan beberapa hal kecil dengan detil seperti air, sabun mandi, dan produk perawatan kulit. Disamping itu, baju bayi dapat membuat kulit iritasi bila tidak dibikin bersih secara benar.

Bayi bisa seringkali ganti pakaian dalam sehari. Itu penyebabnya Anda perlu menimbang bahan, ukuran, dan kenyamanan saat beli baju bayi.

Anda pun perlu ketahui langkah membersihkan pakaian bayi yang betul. Ini penting karena baju itu bersinggungan langsung dengan kulit bayi.

Cara Mencuci Baju Bayi yang Benar untuk Orang Tua Baru


Berikut langkah membersihkan pakaian bayi yang betul untuk orangtua baru

1. Bersihkan Pakaian Baru saat sebelum Digunakan

Sesudah beli baju baru, selalu bersihkan lebih dulu saat sebelum menggunakankannya ke bayi. Karena, Anda tidak paham tentu proses yang terjadi pada pakaian itu, mulai pembikinan, pengepakan, sampai hingga ke tangan Anda.

Membersihkan lebih dulu bisa kurangi peluang ada bahan atau iritan yang ketinggalan. Berikut cara awalan yang jangan Anda meremehkan.

2. Pakai Detergen dan Pelembut Baju Khusus

Ingat kulit bayi yang peka, cuci baju memakai detergen khusus dan pelembut baju yang diformulasi untuk bayi. Formulasi semacam ini umumnya aman untuk kulit bayi.

Ini sebetulnya perlu dikerjakan pada umur 0-6 bulan. Tetapi, jika bayi mempunyai kulit peka dan gampang iritasi, seharusnya pemakaian pencuci pakaian khusus bayi diteruskan, walau anak telah berumur lebih dari 6 bulan.

3. Pakai Air Biasa

Banyak asumsi jika membersihkan baju bayi harus memakai air panas untuk melenyapkan kuman. Hal itu tidak seutuhnya tepat.

Membersihkan sama air mendidih malah bisa menghancurkan kain dan kurangi kehalusannya hingga jadi kurang nyaman digunakan. Gunakanlah air dengan temperatur biasa untuk membersihkan baju bayi.

4. Kerjakan Sistem Membersihkan yang Pas

Lihat langkah membersihkan pakaian bayi baru lahir sama sesuai tipe berbahan. Informasi itu umumnya tercantum di cap baju. Misalkan, pakaian harus dicuci manual memakai tangan (hand wash) atau mesin pencuci (machine wash).

Poin utama yang lain ialah waktu memendam baju. Jauhi memendam baju kelamaan karena bisa memberikan peluang kuman tumbuh. Rendam baju tidak lebih dari 30 menit.

5. Rendam 30 Menit saat sebelum Membersihkan

Anda harus pastikan bakteri di baju sang kecil mati saat dicuci. Ini mempunyai tujuan untuk menghindar bakteri itu mengontaminasi badan bayi. Saat sebelum membersihkan pakaian bayi, seharusnya rendam dulu sepanjang 30 menit.

6. Jauhi Memakai Pembasmi Bintik

Pembasmi bintik (stain removal) seharusnya tidak dipakai untuk hilangkan bintik susu atau kotoran pada baju bayi. Masalahnya zat dalam produk pembasmi bintik mempunyai potensi memacu iritasi di kulit bayi, khususnya kulit yang kering dan peka.

Langkah terbaik hilangkan bintik pada baju bayi ialah membersihkan sama air mengucur saat bintik masih baru. Anda dapat membersihkan lebih dahulu memakai tisu saat sebelum mencucinya.

7. Selective Pilih Pelembut Baju

Berhati-hati, produk pelembut baju memiliki kandungan beragam zat kimia yang beresiko untuk kulit bayi. Jika Anda ingin memakai pelembut baju, pakailah pelembut baju khusus dan aman untuk pakaian bayi.

8. Aplikasikan pada Peralatan Bayi Yang lain

Beberapa aturan di atas seharusnya Anda aplikasikan pada selimut, jaket, seprai, sarung bantal, dan mainan bayi terutamanya soft toys seperti boneka.

Beberapa benda itu memanglah tidak langsung menempel di kulit bayi seperti baju dan tak perlu sering dicuci. Tetapi, debu dan tungau bisa jadi terjebak di beberapa barang itu hingga Anda harus tetap teratur mencucinya. Cuci minimal satu minggu sekali.

BundaKita
BundaKita Emak / Ngeblog / Nyuci / Nyambel / Ngemong dst.