Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat dan Lurus

Bayi rambut lebat tentu menjadi idaman bagi para ibu. Rambut bayi yang tumbuh lebat dan lurus, serta lembut bisa menjadi salah satu pertanda kesehatan bayi secara keseluruhan. Lalu, bagaimana jika rambut bayi Bunda ternyata tipis dan lama panjangnya?

Cara Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat dan Lurus

Tips Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat

Rambut yang tipis bukan berarti pertanda mutlak buah hati Bunda tidak sehat. Jadi, jika bayi memiliki rambut yang tipis dan susah untuk tumbuh, jangan berkecil hati. Berikut BundaKita kupas masalah cara cepat menumbuhkan rambut bayi yang bisa bunda praktekkan di rumah:

1. Cara Melebatkan Rambut Bayi dengan Kemiri

Minyak kemiri sudah terkenal khasiatnya untuk kesehatan rambut, salah satunya yaitu agar rambut bayi tumbuh lebat. 


Cara Melebatkan Rambut Bayi dengan Kemiri
Cara Melebatkan Rambut Bayi dengan Kemiri

Pakailah minya kemiri sebagai cara agar rambut bayi tumbuh lebat dan lurus. Bunda bisa menggunakan minyak kemiri asli ataupun yang sudah melewati proses canggih. 

Sudah banyak merk produk kosmetik bayi yang juga menggunakan ekstrak dari minyak kemiri. Kelebihan menggunakan produk semacam ini adalah wangi yang segar serta tidak lengket di tangan. Kekurangannya terletak pada keasliannya. Karena, produk minyak kemiri yang asli akan jauh lebih efektif untuk melebatkan rambut bayi.

2. Atur Jadwal Memotong Rambut

Rambut tipis dan pendek, kenapa justru dipotong? Mungkin Bunda saat ini sedang memikirkan hal demikian. Jangan salah, Bunda! Memotong rambut secara berkala ternyata bisa menjadikan bayi rambut lebat, lho. 


Tips Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat
Memotong rambut secara berkala ternyata bisa menjadikan bayi rambut lebat

Rutin memotong rambut dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan baik, sehingga rambut bisa cepat tumbuh panjang dan lebat. Rambut yang dipotong secara berkala juga dapat menghindari munculnya kotoran dan debu yang terpergkap di rambut. Rambut akan menjadi lebih bersih, sehat, dan berkilau.

3. Gunakan Shampo untuk Melebatkan Rambut Bayi

Cara cepat menumbuhkan rambut bayi selanjutnya yaitu dengan menggunakan shampo untuk melebatkan rambut bayi. Pilihlah shampo yang yang mengandung bahan penumbuh rambut, seperti kemiri, lidah buaya dan seledri. 


Gunakan Shampo untuk Melebatkan Rambut Bayi
Gunakan Shampo untuk Melebatkan Rambut Bayi

Yang harus bunda ingat adalah belilah shampo khusus untuk anak/bayi. Bunda bisa menggunakan shampo pemanjang rambut untuk anak-anak yang tidak pedih di mata. Sehingga anak pun tidak rewel ketika keramas.

4. Perhatikan Makanan Anak

Jika cara membuat rambut bayi lurus dan lembut serta lebat di atas adalah cara dari luar, kali ini Bunda juga harus memperhatikan makanan anak agar rambut anak tidak kering dan tumbuh sehat. 


Makanan ibu menyusui agar lambut bayi lebat
Makanan ibu menyusui agar lambut bayi lebat

Cukupilah kebutuhan nutrisi anak dengan mengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Jika Bunda masih menyusui, perhatikan pula makanan Bunda. Makan makanan ibu menyusui agar lambut bayi lebat. 

Bunda bisa menambahkan menu makanan seperti memperbanyak sayur dan buah, protein hewani, kacang hijau dan makanan sehat lainnya untuk buah hati serta untuk hidangan Bunda sendiri.

Bagaimana, Bunda? Mudah sekali kan menerapkan cara agar rambut bayi tumbuh lebat dan lurus? Bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah didapatkan. Dengan menerapkan tips di atas semoga rambuh bayi Bunda bisa lebih cepat tumbuh lebat dan sehat. 



BundaKita
BundaKita Emak / Ngeblog / Nyuci / Nyambel / Ngemong dst.