Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Mengatasi Ruam Popok? Simak Artikel Ini!


Bagaimana Cara Mengatasi Ruam Popok? Simak Artikel Ini!

Penyebab Ruam Popok dan Cara Mengatasinya

Ruam popok adalah keadaan kulit yang mengalami iritasi, terutama pada bagian yang tertutup popok. Jika buah hati Bunda terlihat ada bercak merah, melepuh, ataupun lecet di sekitar bokong dan paha, maka itulah yang disebut ruam popok.

Ruam popok ini hanya istilah iritasi kulit bayi pada bagian bokong dan sekitarnya ya Bunda. Bukan berarti bayi yang bebas popok tidak bisa terkena ruam popok.

Penyebab Ruam Popok 

Sebelum mengetahui cara mengobati ruam popok pada bayi laki-laki maupun perempuan, sebaiknya perhatikan dulu apa penyebab ruam popok, dan kenapa ruam popok tak kunjung sembuh.

  • Popok yang Terlalu Lembab dan Ketat

Bayi memang belum bisa bicara, namun bukan berarti Bunda mengabaikannya ketika ia diam dan tidak menangis. Bunda harus selalu cek popoknya dan pastikan tidak terlalu lembab dan ketat.

Kenapa? Karena popok yang terlalu lembab dan ketat bisa menjadi sarang bakteri dan jika dibiarkan akan menjadi penyebab ruam popok itu muncul.

  • Tidak Cocok Produk Bayi

Produk bayi memang sudah dikhususkan untuk bayi, tapi beberapa bayi juga bisa mengalami kulit sensitif dan tidak cocok pada merk produk tertentu. Inilah yang menjadi salah satu penyebab dari ruam popok.

Bagaimana Cara Mengatasi Ruam Popok

Berikut Bunda Kita paparkan beberapa cara mengatasi ruam popok pada bayi:

  • Bersihkan Area Ruam Popok

Untuk mengobati ruam popok, pastikan tangan Bunda dalam keadaan bersih dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Setelah itu, bersihkan area yang terdapat ruam popok dengan air atau tisu basah, lalu keringkan dengan mengelapnya pakai handuk lembut

  • Mengobati Ruam Popok dengan Baby Oil

Untuk mengobati ruam popok dengan baby oil, bunda hanya perlu mengolesi sedikit baby oil rutin sehabis bayi mandi. Jangan lupa untuk membersihkan ruam popok terlebih dahulu sebelum mengolesi baby oil pada tubuh bayi.

  • Olesi Cream Ruam Popok yang Ampuh

Bunda bisa mengolesi pantan bayi Bunda dengan memakai cream ruam popok yang ampuh ini sebagai penyembuhan ruam popok yang sedang anak Bunda alami.

Cara mengolesnya cukup mudah. Oleskan secara merata dan tipis-tipis saja ya Bund. Terlalu tebal mengolesi salep ruam popok bayi malah bisa menyebabkan pantat bayi makin lembab.

Pembelian cream ruam popok yang ampuh pun dapat dibeli bebas di apotik tanpa resep dokter. Bunda tinggal bilang pada apotekernya untuk membeli salep ruam popok bayi.

Setelah mengolesi cream ruam popok yang ampuh tersebut, jangan buru-buru memakaikan popok yang baru. Tunggulah salep untuk ruam popok bayi tadi mengering.

  • Biarkan Bayi Tanpa Popok

Penyebab ruam popok yang sering dijumpai adalah karena popok yang dipakai. Jadi, cara mengatasi ruam popok adalah selayaknya tidak memakaikan popok pada bayi untuk sementara waktu.

Jika ruam popok sudah sembuh, Bunda bisa kembali memakaikan popoknya lagi. Dengan catatan, tetap jaga kebersihan, kelembaban dan hindari pemakaian popok dengan ukuran sempit.

Itulah tadi pembahasan tentang penyebab ruam popok dan cara mengatasinya. Jika Bunda sudah melakukan hal di atas namun ruam popok belum juga sembuh, sebaiknya langsung dibawa ke dokter untuk segera diperiksa oleh ahlinya.

Semoga artikel ini bisa membantu Bunda dalam mencari informasi cara mengatasi ruam popok pada bayi. Dan ruam popok bayi bunda segera sembuh. Aamiin.