Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Menggunakan Popok Kain bagi Bayi

Popok kain kini sudah jarang sekali digunakan. Padahal, banyak manfaat yang bisa dirasakan bagi si kecil. Selain harganya yang terjangkau, menggunakan popok kain juga dapat menghemat pengeluaran bunda karena popok ini dapat dicuci dan digunakan kembali pada waktu lainnya. 


Manfaat Menggunakan Popok Kain bagi Bayi

Mungkin bunda tidak ingin repot mencucinya berulang kali. Jadi, memilih popok sekali pakai menjadi pilihan karena bisa langsung dibuang setelah digunakan.

Eits, tapi tunggu dulu. Justru memilih popok kain untuk si kecil tak sepenuhnya salah lebih aman untuk kulitnya karena bebas dari bahan kimia yang berbahaya. Selain itu, ukuran dan warnanya juga bermacam-macam jadi bunda bisa memilih yang cocok sesuai dengan tubuh si kecil. Bahkan popok kain sekarang sudah dilengkapi dengan kancing atau perekat.

Manfaat Menggunakan Popok Kain Bayi Cuci Ulang

Bunda jangan ragu untuk memakaikan popok bayi kepada si kecil. Sebab, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, antara lain sebagai berikut :

1. Menghemat Pengeluaran

Manfaat popok bayi berjenis kain yang pertama adalah bisa menekan pengeluaran bunda. Bunda tak perlu membuang popok ketika sudah kotor dan membelinya dengan yang baru, tetapi bisa mencucinya dan saat sudah kering bisa digunakan si kecil kembali. 


Manfaat Menggunakan Popok Kain Bayi Cuci Ulang
Manfaat popok kain: Menghemat pengeluaran

Bunda dapat melakukan pembelian popok pada saat bayi baru lahir dengan jumlah secukupnya. Kalaupun mau membeli yang baru lagi jumlahnya pasti tidak terlalu banyak.

Kalau dihitung secara matematis, penggunaan popok kain bisa menghemat pengeluaran hingga 8 juta per bulan lho. Bunda bisa mengalihkannya untuk kebutuhan lain yang jauh lebih penting.

2. Meminimalisir Risiko Alergi

Berbeda dengan popok sekali pakai atau pampers yang mengandung senyawa kimia seperti sodium polyacrylate dan super absorben polymer yang dapat menyebabkan alergi pada kulit, pada popok kain kedua senyawa tersebut tidak ada. 


Manfaat Menggunakan Popok Kain Bayi Cuci Ulang
Manfaat popok kain: Meminimalisir Alergi

Jadi, walaupun digunakan dalam jangka panjang tidak membuat kulitnya menjadi gatal apalagi sampai mengalami alergi. Insyaallah itu tidak akan terjadi lagi.

3. Mengurangi Sampah Rumah

Manfaat menggunakan popok kain selanjutnya adalah bisa mengurangi kuantitas sampah yang ada di rumah bunda. Sampah ada tempat berkumpulnya bakteri dan kuman, jadi apabila jumlahnya berkurang tentu bakteri dan kuman juga akan berkurang. 


Manfaat Menggunakan Popok Kain Bayi Cuci Ulang
Manfaat popok kain: Mengurangi sampah

Dengan begini, si kecil pun bisa terhindar dari berbagai macam penyakit membahayakan terutama penyakit yang berhubungan dengan kulit dan pernapasan. Bayi jadi lebih sehat.

4. Kulit Bayi Bebas Bernafas

Salah satu alasan mengapa popok kain jadi pilihan terbaik adalah karena popok jenis ini ramah terhadap kulit si kecil. Salah satu hal menguntungkan yang bisa didapatkan adalah kulit bayi menjadi lebih leluasa bernapas sehingga area lipatan selangkangannya menjadi tak lagi lembab. 


Manfaat Menggunakan Popok Kain Bayi Cuci Ulang
Manfaat popok kain: Kulit bayi bebas bernapas

Dan hal tersebut juga dapat meminimalisir adanya ruam popok dan juga infeksi pada area tersebut. Sepanjang bunda rutin mengganti dan mencuci popoknya.

Dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya. Karena popok ini bukanlah barang sekali pakai, maka perawatannya harus benar-benar dilakukan secara maksimal.

Pastikan bunda rutin mencuci popok si kecil paling tidak setiap ia buang air besar atau 5 kali buang air kecil. Tak perlu menunggu hingga berjam-jam karena bisa membuat kulit di daerah selangkangan menjadi menjadi lembab sehingga menyebabkan infeksi berbahaya.

Percuma saja punya popok kain yang bagus tapi jarang sekali di cuci. Itulah beberapa manfaat menggunakan popok kain ketimbang popok sekali pakai, popok ini juga mudah didapatkan di toko-toko yang ada di sekitar rumah bunda.

BundaKita
BundaKita Emak / Ngeblog / Nyuci / Nyambel / Ngemong dst.