Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jualan Makanan Online Paling Laris. Bunda Wajib Coba!

Jualan makanan Online. Maraknya bisnis online lambat laun teryata mampu merambah ke dunia makanan. Jika dulu orang bertransaksi online hanya untuk jual beli barang, sekarang jualan jajanan online pun sering kita jumpai di timeline social media. 

Inilah Saatnya Merintis Usaha Kuliner Online

Inilah Saatnya Merintis Usaha Kuliner Online

Pengguna sosial media sangat memanfaatkan hal semacam ini untuk berlomba merintis usaha kuliner online. Lalu, bagaimana dengan Bunda semua? Tentunya Bunda juga ingin kan menambah pemasukan dari usaha online makanan ini.

Bisnis Makanan Online Untuk Pemula

Ada resiko tersendiri jika ingin jualan makanan. Salah satunya adalah makanan termasuk barang yang bisa basi dan tidak tahan lama. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis makanan online untuk pemula.

Tentu, semua bisnis ada plus minusnya, tak terkecuali dengan usaha makanan rumahan online. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa buat acuan dalam bisnis makanan online untuk pemula seperti Bunda.


1. Usaha Makanan Online Modal Kecil

Untuk pemula, terutama Bunda yang masih takut-takut antara untung dan rugi, baiknya mulailah dengan usaha makanan online modal kecil.

Memutuskan untuk merintis bisnis kuliner online modal kecil adalah suatu hal yang bijak apabila budget yang Bunda miliki juga kecil. Lambat laun, usaha yang Bunda kelola pasti akan mengalami perkembangan. Saat itulah Bunda bisa menambah modal usaha Bunda.

Apa saja bisnis kuliner online modal kecil yang bisa coba? Berikut adalah rekomendasi dari BundaKita:

- Jualan Makanan Online Sejenis Bakso dan Cilok

Usaha Makanan Online Modal Kecil
Jualan makanan online cilok dan bakso

Usaha bakso sekarang ini tidak harus mempunyai kedai nyata. Bunda bisa membuat cilok atau bakso sendiri di rumah. Kemudian dijual online dengan meng-upload-nya di sosial media. Sedikit kemampuan edit foto akan sangat berpengaruh pada penjualan bisnis kuliner online modal kecil yang Bunda kelola.

- Jual Gorengan Online

Meski makanan ini bisa dikatakan kurang sehat, tapi masih banyak juga pecinta gorengan yang tak segan memakannya. Untuk mensiasati ini, Bunda bisa memilih bahan premium untuk gorengannya. 

Usaha Makanan Online Modal Kecil
Jual gorengan online

Pilihlah tepung, margarin, minyak, serta bahan-bahan lain yang berkualitas tinggi. Dengan cara seperti ini, Bunda bisa meningkatkan omset jualan dari usaha makanan online modal kecil menjadi usaha yang lebih besar lagi.

Kemaslah gorengan dalam wadah yang aman dan ramah lingkungan. Beri label pada wadahnya untuk meningkatkan daya tarik pembeli. Gorengan hangat siap santap pasti akan membuat pembeli tergoda, apalagi tanpa harus keluar rumah untuk mendapatkannya.

- Jual Masakan Online

Bisnis makanan online untuk pemula selanjutnya adalah jual masakan online. Bukankah setiap hari Bunda memasak? Bunda bisa memasak menu sehari-hari, seperti sayur bayam, sayur sop, perkedel, dan lain-lain dengan beberapa menu serta dengan jumlah yang agak banyak. 

Buatlah WA grup dengan anggota ibu-ibu tetangga atau tetangga desa untuk jual masakan online yang sudah Bunda masak. 

- Jual Online Makanan Hasil Olahan Tanaman

Usaha makanan online modal kecil yang tak kalah menarik adalah hasil olahan tanaman. Orang mungkin tidak punya waktu untuk oprek-oprek dapur hanya karena ingin membuat camilan sederhana dari olahan tanaman.

Usaha Makanan Online Modal Kecil
Gethuk lindri untuk dijual online

Manfaatkanlah ini untuk ide jualan makanan Bunda. Contoh jual makanan online dari hasil tanaman ini adalah olahan ubi menjadi gethuk, urapan jagung, serta tanaman-tanaman lainnya. Buatlah sekreatif mungkin meningkatkan penjualan usaha.

2. Jualan Makanan Online Paling Laris

Selain beberapa menu bisnis kuliner online modal kecil di atas tadi, beberapa makanan di bawah ini juga tak tak kalah larisnya. Di sini, Bunda diajak untuk memperlebar usaha online Bunda. Yang awalnya modal kecil, bisa merangkak ke modal besar. Yang awalnya hanya skala dekat, bisa melebar wilayahnya.

- Jual Lauk Pauk Online

Sudah menjadi rahasia umum, ibu-ibu zaman sekarang adalah orang yang malas masak. Olahan lauk pauk kering akan sangat diburu oleh ibu-ibu yang masuk kategori ini. 

Merintis Usaha Kuliner Online
Jual lauk pauk online

Tidak perlu masak besar hanya untuk sarapan. Cukup menggunakan olahan lauk kering, maka kebutuhan perut pun teratasi. Dengan begini Jualan makanan online Bunda tentang olahan lauk kering ini akan tetap menjadi primadona.

- Jual Online Salad Buah Segar

Merintis Usaha Kuliner Online
Jual online salad buah segar

Salad buah termasuk makanan yang enak, segar, dan juga sehat. Tidak salah jiwa Bunda memilih menu makanan ini sebagai ide jualan makanan online. Untuk mensiasati agar tetap segar dan tidak mudah basi, pilihlah buah yang masih segar dan bahan-bahan lain yang berkualitas tinggi.

- Aneka Keripik Untuk Dijual Online

Ide jualan online makanan selanjutnya adalah aneka keripik homemade. Bunda bisa membuat aneka keripik seperti keripik singkong, keripik jagung, keripik sukun, atau yang lainnya. 

Merintis Usaha Kuliner Online
Aneka keripik untuk dijual online

Keripik sendiri termasuk makanan ringan yang memasaknya juga tidak terlalu sulit. Namun, akan sulit berhenti jika sudah mengunyahnya. Pilihlah bahan baku yang mudah didapat agar jualan online Bunda tetap bisa berjalan. 

Cara Jualan Online Makanan Basah

Dari beberapa ide jualan makanan online paling laris di atas, rata-rata adalah makanan basah yang tentu tidak bisa bertahan lama. Lalu, bagaimana cara menyiasati cara jualan online makanan basah ini?

Aktif di Sosial Media

Cara jualan online makanan basah yang pertama adalah aktif di sosial media. Mengapa? Itu akan meningkatkan kepercayaan pembeli. Dengan aktif di media sosial, dapat memperbanyak pembeli sehingga makanan basah pun akan cepat laku.

Buatlah Foto yang Menarik Sebagai Media Promosi Jualan Online

Jualan Makanan Online Paling Laris
Cara Jualan Online Makanan Basah: Foto yang menarik

Kekuatan jualan online adalah mengandalkan foto yang menarik, karena pembeli tidak bisa melihat secara langsung. Termasuk bisnis jualan makanan online. Untuk itu buatlah foto yang menarik saat Bunda mengunduh produk jualan online makanan basah Bunda agar banyak yang kepincut untuk beli.

Kemas dengan Kemasan Kedap Udara

Makanan untuk jualan online, apalagi makanan basah tentu memerlukan packaging yang kedap udara. Hal ini bertujuan agar makanan tetap terjamin keawetan dan kesegarannya. Intinya cara jualan online makanan basah adalah kemasan yang benar-benar bisa melindungi makanan agar tahan lama.

Tak Ada Salahnya Mencoba Sistem Pre Order

Cara jualan online makanan basah yang paling aman adalah dengan menerapkan sistem pre order, atau PO. Apalagi jika modal usaha Bunda terbatas. 

Bunda cukup melayani orang yang memesan saja. Jadi, dengan sistem ini Bunda sudah tidak perlu takut dengan istilah makanan basah yang tidak habis/ tidak laku.

Antar Sendiri Makanan Jualan Online

Dengan mengantar makanan jualan online sendiri, atau lebih mudahnya adalah orang Bunda sendiri yang menjadi kurirnya, akan sangat membantu untuk menjual online makanan basah. 

Bunda tidak perlu khawatir makanan akan basi atau tidak sampai ke pembeli. Namun, sistem ini hanya bisa berlaku untuk daerah yang bisa Bunda jangkau sendiri. Dalam artian alamat pembeli tidah jauh dari desa Bunda.

Itulah tadi keterangan lengkap tentang serba serbi ide jualan makanan online paling laris yang wajib Bunda coba. Tentunya Bunda sudah ada gambaran kan bagaimana merintis usaha kuliner online serta apa saja jenis usaha makanan online modal kecil atau besar yang akan Bunda geluti.

Setelah membaca artikel ini, BundaKita harap Bunda semua tidak lagi bingung menentukan ide jualan makanan online dan seluk beluk di dalamnya. Jika dirasa masih belum jelas, silakan Bunda bertanya pada kolom komentar di bawah ini. Terima Kasih.