Hewan Peliharaan yang Murah dan Aman Cocok untuk Anak

Posting Komentar

Hewan peliharaan bagi sebagian orang dianggap sangat menggemaskan, termasuk anak-anak. Mereka bisa menjadi hiburan dan teman bermain si kecil. Jika buah hati Bundakita pernah mengungkapkan keinginannya untuk memiliki hewan peliharaan maka jangan dicegah. 

Itu tandanya ia sudah mulai memiliki jiwa kepemimpinan dan berani mengutarakan pendapat. Mengizinkan anak memiliki hewan peliharaan yang murah juga bisa melatih buah hati untuk memiliki sikap disiplin serta rasa tanggung jawab yang tinggi. Pastikan juga hewan tersebut aman untuk anak.


Hewan yang Mudah Dipelihara dan Menguntungkan serta Aman untuk Anak

Berikut adalah beberapa rekomendasi Bunda Kita tentang hewan peliharaan yang murah dan aman cocok untuk anak serta mudah dipelihara. Bunda bisa membelinya di toko hewan atau pet shop terdekat di kota Bunda.

1. Ikan Hias Kecil Murah

Ikan hias kecil murah tergolong hewan peliharaan yang mudah dipelihara. Hewan ini juga tidak bau dan bisa diletakkan di mana saja. Bunda bisa meletakkan akuarium kecil di kamar si kecil dan menaruh pelet ikannya di samping aquarium. 

Hewan yang Mudah Dipelihara dan Menguntungkan serta Aman untuk Anak
Hewan Peliharaan Ikan Hias Kecil Murah

Untuk mempermudah dalam perawatan, pilihlah ikan hias kecil tanpa oksigen, seperti ikan molly dan guppy. Jadi, Bunda tidak perlu menambah aerator untuk dipasang di akuarium. Selain itu, pilihlah ikan hias kecil bergerombol. Anak-anak pasti suka melihat beberapa ikan yang bergerombol dan berenang kesana kemari.

2. Kelinci Kecil Juga Termasuk Hewan Peliharaan yang Murah

Kelinci memang bukanlah hewan yang bisa dipelihara di kamar. Namun, kelinci kecil ini adalah hewan peliharaan yang cocok dan aman untuk anak, karena bisa diletakkan di kandang kelinci tanpa harus berinteraksi langsung dengannya. 

Hewan yang Mudah Dipelihara dan Menguntungkan serta Aman untuk Anak
Hewan peliharaan yang murah: Kelinci kecil

Tiap pagi, ajaklah si kecil berbelanja sayur. Jangan lupa juga mengingatkan untuk membeli sayur seperti kangkung atau wortel sebagai makanan kelinci kecil sang buah hati. Dari sinilah akan muncul sikap tangung jawab anak pada hewan peliharaannya.

Untuk mendapatkan kelinci kecil, Bunda bisa mencari di tempat jual beli kelinci terdekat. Ajaklah sang buah hati untuk memilih sendiri kelinci yang dia inginkan. Apakah itu kelinci putih lucu dan menggemaskan, ataupun kelinci lokal yang lincah dengan berbagai tingkahnya.

3. Kura-Kura Air Tawar

Hewan peliharaan yang murah selanjutnya adalah kura-kura air tawar. Kura-kura air tawar terkenal dengan umurnya yang panjang. Jadi, hewan ini sangat cocok dijadikan teman bermain anak. 

Hewan Peliharaan Murah Meriah dan Mudah Dipelihara
Hewan peliharaan Kura-kura Air Tawar

Ajarkan pula si kecil dalam bertanggung jawab memberi makan serta memandikan kura-kura air tawar peliharaannya secara berkala. Jika masih kecil, kura-kura bisa hidup di akuarium seadanya dan mengisinya dengan sedikit air agar bisa bernafas tanpa bantuan aerator.

Namun, jika kura-kura sudah besar, mungkin bunda harus membuat kandang khusus kura-kura air tawar ini. Jangan khawatir, Bunda. Sudah banyak tutorial bagaimana cara membuat kandang kura-kura sederhana yang bisa dicari di internet. Tinggal bunda praktekkan atau lebih mudahnya menyuruh tukang untuk mengerjakannya.

4. Memelihara Kucing

Secara harga, kucing memang kurang cocok dikatakan sebagai hewan peliharaan yang murah, tapi jika itu sejenis kucing ras seperti kucing persia, kucing anggora dan lainnya. 

Namun, Memelihara kucing tidaklah harus kucing mahal. Kucing kampung kecil yang ada di jalanan pun tak kalah cantiknya dengan kucing ras jika dipelihara dengan baik. 

Hewan Peliharaan Murah Meriah dan Mudah Dipelihara
Memelihara kucing

Ajarkan juga pada buah hati tentang bagaimana dasar-dasar cara merawat kucing untuk pemula. Karena merawat dan memelihara kucing memang agak sedikit ribet, apalagi jika bunda memilih kucing ras sebagai hewan peliharaan di rumah.

Cara merawat kucing kampung terbilang sangat mudah. Bunda tinggal kasih makan dengan ikan juga memandikan secara berkala untuk memastikan kebersihannya. Nah, dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa kucing kampung adalah hewan peliharaan yang murah dibanding jika Bunda memelihara kucing ras.

Itulah tadi beberapa hewan peliharaan yang murah serta mudah dalam perawatannya. Dan yang pasti cocok untuk anak dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab. Ada ikan hias kecil murah, kura-kura air tawar, kelinci kecil bahkan memilih untuk memelihara kucing juga tidak ada salahnya.


BundaKita
Cuman Seorang Bunda / Emak yang Mencurahkan Segala Sesuatu ke Media Online, contohnya Blog ini. ^_*

Related Posts

Posting Komentar