Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menurunkan Berat Badan paling Efektif

Menurunkan Berat Badan. Tentu setiap orang menginginkan berat badan yang ideal, alias tidak terlalu kurus dan juga tidak terlalu gemuk. Tubuh yang ideal menandakan kesehatan tubuh yang sangat prima.

Cara Menurunkan Berat Badan paling Efektif

Berat tubuh yang ideal bisa meminimalisir resiko terserang berbagai penyakit berbahaya. Tak sekadar itu saja, dengan berat badan yang ideal membuat Bunda tampil lebih menarik tanpa harus khawatir mendapatkan bullyan dari orang lain.

Bagaimana Dapat Dikatakan Berat Badan Seseorang Ideal?

Nah, bagaimana sih ciri berat badan yang ideal itu? Jawabannya tergantung dari seberapa berat dan seberapa tinggi tubuh Bunda. Ada rumus untuk menentukan hal ini, yaitu

BMI (Body Mass Index) = Weight / (height)²

Sebagai contoh, seseorang memiliki berat badan 50 kg dengan tinggi badan 1,76 m. Berapakah berat tubuhnya ideal? Kegemukan? Atau justru kekurusan? Mari kita hitung bersama.


BMI = 50/(1,76 x 1,76) = 50/3,0976 = 16,14 atau 16,1 (jika dibulatkan).

Bagaimana Dapat Dikatakan Berat Badan Seseorang Ideal?
Parameter BMI

Sekarang mari kita lihat kategori berat badan berikut ini:

Di bawah 18,5 = Berat badan kurang

18,5 – 22,9 = Berat badan normal

23 – 29,9 = Berat badan berlebih (cenderung obesitas)

30 ke atas = obesitas

Karena hasil perhitungan menunjukkan di bawah angka 18,5 maka berat badan orang tersebut termasuk rendah alias kurang.

Cara Menurunkan Berat Badan Paling Ideal

Jika setelah melakukan perhitungan, hasilnya menunjukkan di atas 23 waspadalah. Itu tandanya Bunda beresiko mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa tips ampuh yang bisa Bunda lakukan untuk menurunkan bobot tubuh tanpa mengalami efek samping apapun. Apa saja itu? Berikut adalah penjelasannya

1. Mengurangi Asupan Kalori

Salah satu cara menurunkan berat badan dalam seminggu yang cukup efektif adalah dengan mengurangi asupan kalori ke dalam tubuh. Terlalu banyak kalori, dapat meningkatkan berat tubuh seseorang.

Cara Menurunkan Berat Badan Paling Ideal
Mengurangi asupan kalori

Namun perlu Bunda ketahui juga, pada dasarnya setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda, belum tentu sama antara satu orang dengan orang lainnya. Terkait hal ini, Bunda bisa mendiskusikannya dengan dokter terlebih dahulu.

Beberapa sumber kalori yang wajib untuk Bunda kurangi antara lain yaitu makanan berminyak, cokelat hitam, mentega kacang, mi ramen, granola, kari, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Mengurangi Asupan Karbohidrat

Selain kalori, Bunda juga harus mengurangi asupan karbohidrat apabila ingin menurunkan berat badan menjadi lebih ideal. Salah satu sumber karbohidrat yang bisa Bunda kurangi adalah nasi ataupun roti.

Cara Menurunkan Berat Badan Paling Ideal
Menguragi asupan karbohidrat

Di awal memang terasa berat, apalagi untuk nasi. Bagi orang Indonesia, nasi adalah sumber makanan yang utama. Tanpa nasi, terasa belum makan walaupun sebelumnya sudah mengonsumsi makanan yang lainnya.

Tetapi, jika dibiasakan semua akan lancar-lancar saja. Bunda tidak akan mengalami masalah walaupun tidak makan nasi sekalipun, asalkan ada alternatif penggantinya seperti nasi merah, singkong, gandum, ataupun sumber karbohidrat yang lainnya

3. Kurangi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang kurang bagus untuk kesehatan tubuh Bunda. Bukan hanya berpengawet kimia, makanan yang dihidangkan biasanya juga mengandung kalori yang sangat tinggi.

Cara Menurunkan Berat Badan Paling Ideal
Kurangi makanan siap saji

Itulah mengapa sebabnya mengapa seseorang yang makan makanan di restoran merasa sangat kenyang dan berat badannya akan meningkat. Jika tidak terpaksa, sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan cepat saji.

Lebih baik masak sendiri di rumah. Jauh lebih hemat dan sehat untuk tubuh, Bunda pun juga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya salah satunya adalah obesitas.

Demikianlah beberapa cara menurunkan berat badan yang cukup efektif. Intinya, Bunda harus melakukan gaya hidup sehat agar bisa kondisi tubuh bisa sehat juga.