Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Cerdas Menghadapi Anak Tantrum

10 Cara Cerdas Menghadapi Anak Tantrum

Bagaimana Menghadapi Anak Tantrum?

10 Cara Cerdas Menghadapi Anak Tantrum. Mengatasi tantrum pada anak memang tidaklah mudah.  Anak rewel dan menangis tanpa sebab yang pasti memang sangat menjengkelkan dan menguras emosi. Bunda harus tahu bagaimana atasi anak tantrum dengan cara yang bijak.

Sebelum mengetahui 10 cara cerdas menghadapi anak tantrum, alangkah baiknya jika Bunda mengetahui terlebih dahulu pengertian tantrum serta apa saja penyebab tantrum pada anak.

Apakah Tantrum Itu?

Pengertian tantrum adalah suatu gejala emosional yang meledak-ledak pada anak yang disertai dengan berteriak, menjerit, menangis serta luapan kemarahan lainnya yang sangat sulit untuk dikendalikan.

Dalam pengertian tantrum tersebut, tentunya bunda sudah ada bayangan tentang apa itu tantrum dan bagaimana repotnya mengatasi anak tantrum.

Penyebab Tantrum Pada Anak

Pernahkah bunda bertanya-tanya kenapa anak suka tantrum? Pada dasarnya ada banyak penyebab tantrum pada anak. Umumnya penyebab tantrum pada anak adalah kurangnya kemampuan anak untuk mengutarakan perasaan dan keinginannya. 

penyebab tantrum pada anak
Penyebab tantrum pada anak

Ketika di pusat perbelanjaan, misalnya. Si anak menginginkan mainan, akan tetapi bunda tidak mengetahui keinginan buah hati bunda. Anak bisa meledak dan menangis jejeritan karena keinginannya tidak terpenuhi.

Oleh karena itu, bunda harus cerdas menangkap sinyal keinginan anak untuk meminimalisir terjadinya tantrum.

10 Cara Cerdas Menghadapi Anak Tantrum

Untuk bagaimana menghadapi anak tantrum, BundaKita sudah merangkum dan mengulas secara khusus dalam artikel ini. Berikut adalah 10 cara cerdas menghadapi anak tantrum.

1. Luangkan Waktu Untuk Berbicara

Ketika anak tantrum, sebelumnya pasti memunculkan tanda-tanda terlebih dahulu. Entah itu berupa mogok bicara, ataupun diamnya gerakan tubuh. Saat ciri anak tantrum tadi terdeteksi, cobalah ajak bicara buah hati bunda.

Bagaimana menghadapi anak tantrum
Ajak anak untuk bicara sebelum anak tantrum

Tanyalah apa yang sebenarnya terjadi. Jangan paksa anak berbicara jika anak memutuskan untuk tetap diam. Cobalah pelan-pelan ganti pertanyaannya. Dengan ungkapan bunda yang lembut, sang anak pasti luluh dan mencoba mengutarakan keinginan terpendamnya.

2. Ajak Bergurau

Ketika bibir anak manyun, cobalah lontarkan sedikit candaan untuknya. “Kok bibir adek seperti ikan lowhan?” Contohnya.

Siapa tahu, dengan gurauan tersebut, jagoan kita tidak jadi tantrum dan malah akan tertawa. Anak pun tidak jadi emosi dan akan kembali tersenyum ceria.

3. Fokus Pada Anak

10 cara cerdas menghadapi anak tantrum selanjutnya adalah fokuskan konsentrasi bunda pada anak. Kadang anak suka marah bukan karena menginginkan suatu barang, melainkan sebuah perhatian.

Janganlah terlalu sibuk dengan kegiatan bunda dan melupakan kebutuhan anak akan sebuah perhatian. Cobalah hentikan sementara kesibukan bunda ketika sang anak memintanya. Atau, berikan perhatian bunda tanpa anak bunda memintanya terlebih dahulu.

4. Lakukan Permainan Bersama

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penyebab tantrum salah satunya adalah kurangnya kemampuan mengutarakan keinginan, baik benda ataupun perhatian. Bisa jadi anak anda tantrum karena ingin diperhatikan.

Bagaimana menghadapi anak tantrum
10 cara cerdas menghadapi anak tantrum: Main bersama anak

Solusinya, coba lakukan permainan bersama anak. Terlibat langsung dalam permainan anak akan membuat anak bunda merasa sangat diperhatikan dan diharga. Imbasnya, anak pun akan mudah untuk mengendalikan emosi.

5. Beri Pelukan dan Ciuman

Bagaimana menghadapi anak tantrum
Peluk dan cium saat anak tantrum

Pelukan dan ciuman adalah sebuah bentuk kasih sayang. Ketika anak tantrum, cobalah pelan-pelan dekati dia, peluk dan cium dia. Setelah itu baru tanyakan apa yang sebenarnya dia inginkan.

6. Alihkan Perhatiannya

Anak tantrum memang susah untuk dialihkan perhatiannya, akan tetapi bukan berarti tidak bisa. Saat anak bunda memunculkan ciri anak tantrum, cobalah untuk alihkan perhatiannya.

Tunjuklah sesuatu yang mungkin buah hati sukai. Sebuah burung terbang, misalnya. Mungkin anak anda akan tertarik perhatiannya dengan burung yang bunda tunjuk. Alhasil anak bunda pun tidak jadi tantrum.

7. Beri Waktu Untuk Privasinya

Bunda, tidak hanya kita yang perlu waktu untuk diri sendiri, melainkan buah hati kita juga. Maka tidak heran, memberi waktu untuk dirinya sendiri adalah termasuk 10 cara cerdas menghadapi anak tantrum. 

Jika anak mulai tantrum, ada kalanya kita perlu memberikan waktu ia untu sendiri. Terlalu dipaksa akan berbagai pertanyaan mungkin membuat anak tidak nyaman. Jadi, berilah ia waktu untuk menenangkan diri, dan tunggu sampai emosinya reda dengan sendirinya.

8. Ajak Bermain di Luar

Berada di dalam rumah terus menerus pasti sangat menjemukan, apalagi bagi anak-anak. Tak jarang anak menjadi kesal tapi tak tahu apa yang dia ingin dan akhirnya menangis.

Bagaimana menghadapi anak tantrum
10 cara cerdas menghadapi anak tantrum: Bermain di luar

Kalau sudah begitu, ajaklah  anak untuk bermain di luar rumah untuk mengatasi kejenuhannya. Pikiran anak menjadi fresh dan anak pun tidak jadi tantrum.

9. Bebaskan Kreatifitasnya

Anak-anak sangat susah untuk dilarang, terlebih jika ia sedang konsentrasi bermain sesuatu. Menumpahkan mainan dan meratakannya ke seisi penjuru rumah sudah menjadi hobinya. 

Bagaimana menghadapi anak tantrum
Bebaskan kreatifitas anak untuk menghindari tantrum pada anak

Oleh karena itu, bebaskan kreatifitas sang anak. Biarlah rumah berantakan asal pikirannya senang. Dengan begitu bunda sudah menerapkan 10 cara cerdas menghadapi anak tantrum.

10. Mandi

Ketika bunda marah atau jenuh, mandi adalah pilihan terbaik untuk mengatasinya, bukan? Begitu juga dengan buah hati bunda. Saat anak tantrum, ajaklah ia untuk mandi.

Bagaimana menghadapi anak tantrum
Mandi dapat menghilangkan anak tantrum

Air dingin yang mengalir, serta aroma sabun dan sampo yang begitu menenangkan terbukti dapat menurunkan kadar emosional anak. Mudah, kan?

Itulah tadi 10 cara cerdas menghadapi anak tantrum yang BundaKita sajikan. Semoga bunda bisa mempraktekkan cara-cara di atas untuk mengendalikan emosi pada sang buah hati tercinta.