Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asyiknya Berkebun Bersama Anak dengan Media Tanam Hidroponik Sederhana

Menanam dengan cara hidroponik sederhana bisa Bunda lakukan bersama buah hati di waktu senggang, seperti saat liburan tiba. Bunda bisa mengajari anak mencintai lingkungan dengan cara yang sangat menyenangkan. Yaitu belajar berkebun dengan metode hidroponik sederhana di rumah. 


Hidroponik Sederhana di Rumah

Belajar Berkebun Bersama Buah Hati dengan Metode Hidroponik Sederhana di Rumah

Sebelum melakukannya, marilah kita mengenal sedikit tentang apa itu hidroponik, apa saja nutrisi hidroponik, apa saja tanaman hidroponik, serta apa saja keunggulan dari hidroponik itu sendiri.

Apakah Hidroponik Itu? Apa Saja Tanaman Hidroponik dan Apa Saja Keunggulan dari Hidroponik?
Hidroponik sederhana di rumah


Apakah Hidroponik Itu?

Dari pemakaian kata Hidro, Bunda bisa melihat jika hidroponik pasti berhubungan dengan air. Benar sekali. Hidroponik adalah sebuah metode menanam dengan menggunakan air sebagai nutrisinya. 

Jadi, hidroponik ini tidak mengandalkan tanah sebagai nutrisi dari tanaman yang ditanam. Bisa dikatakan hidroponik adalah menanam tanpa tanah. Si kecil pasti suka, karena dia bisa belajar bertanam tanpa berkotor-kotor ria.


Apa Saja Tanaman Hidroponik dan Apa Saja Keunggulan dari Hidroponik?

Pada dasarnya, semua tanaman bisa ditanam dengan metode hidroponik. Sayuran, buah dengan pohon yang keci dan beberapa bawang-bawangan bisa Bunda tanam dengan metode hidroponik sederhana di rumah. 

Keunggulan dari hidroponik adalah Bunda bisa bertanam tanpa tanah. Karena tanpa tanah, sayuran pun terjamin kebersihannya. Satu lagi, bagi Bunda yang memiliki halaman rumah yang tidak cukup luas, hidroponik adalah solusinya.


Bagaimana Tanaman Hidroponik Dapat Hidup Tanpa Tumbuh di Atas Tanah?

Ingat, Bunda. Dalam hidroponik ini, nutrisi didapatkan dari ramuan air sebagai pupuknya, bukan tanah. Jadi, tanaman hidroponik tetap akan tumbuh subur meski tanpa tanah. Karena sudah ada nutrisi hidroponik sebagai pupuknya.


Cara Menanam Hidroponik Sederhana

Setelah mengetahui apa arti hidroponik, apa saja tanaman hidroponik, dan apa saja keunggulan dari hidroponik, marilak kita belajar bersama tentang cara menanam hidroponik sederhana. 

Cara di bawah ini adalah cara paling sederhana yang BundaKita sajikan untuk mempermudah bunda semua dalam mengajadi anak berkebun dengan metode hidroponik sederhana di rumah.


Bahan dan Perlengkapan Hidroponik Sederhana

Dalam menanam metode hidroponik sederhana untuk pemula, bahan perlengkapan yang kita butuhkan pun sangat sederhana. Apalagi dalam mengajari anak berkebun. Sistem yang terlalu rumit pasti tidak disukai anak-anak. 

Berikut adalah bahan dan perlengkapan hidroponik sederhana yang bisa bunda persiapkan sebelum menanam:

1. Net Pot

Penampakan net pot adalah seperti pot pada umumnya. Hanya saja net pot ini berlubang pada bagian bawah dan seluruh sisinya. Hal ini dimaksudkan akan benih yang kita tanam tidak membusuk akibat air yang terperangkap pada pot. 

Bahan dan Perlengkapan Hidroponik Sederhana
Net pot hidroponik

Jika tidak punya net pot, bagaimana? Tidak perlu khawatir, Bunda. Bunda bisa menggunakan botol minuman bekas.

2. Benih Sayur atau Buah

Yang perlu disiapkan dalam menanam hidroponik sederhana di rumah adalah adalah benih sayur atau buah. Bunda bisa membelinya di toko bibit tanaman terdekat dari tempat Bunda. 

Bahan dan Perlengkapan Hidroponik Sederhana
Benih sayur

Bisa juga Bunda menggunakan benih sayur dan buah dari dapur. Contohnya biji tomat atau cabe yang biasa Bunda gunakann untuk memasak.

3. Nutrisi Hidroponik

Pakailah nutrisi hidroponik AB mix yang banyak dijual di toko online. Mengapa harus pakai nutrisi hidroponik AB mix? Karena nutrisi ini sudah diramu sedemikian rupa sehingga sangat lengkap untuk perkembangan tanaman. 

nutrisi hidroponik AB mix
Nutrisi hidroponik AB mix

Namun, karena ini adalah tentang hidroponik sederhana di rumah dan sebagai pembelajaran anak, jika belum punya stok, pakailah pengganti nutrisi hidroponik AB mix dengan pupuk cair seadanya. 

4. Media Tanam Hidroponik Sederhana

Media Tanam Hidroponik Sederhana
Media Tanam Hidroponik Sederhana

Untuk media tanam hidroponik sederhana bisa Bunda memakai sekam bakar, hidrogel tanaman, atau pun rockwool (Pengganti rockwool dengan kapas). Gunakanlah media tanam hidroponik murah untuk Bunda praktekkan bersama si kecil.


Cara Menanam Hidroponik dengan Botol Bekas

Berikut adalah langkah-langkah menanam hidroponik sederhana untuk pemula yang bisa Bunda lakukan bersama buah hati Bunda di rumah dengan memanfaatkan botol bekas.

  1. Siapkan perlengkapan hidroponik, seperti benih, media tanam, dan pot yang akan digunakan. Dalam hal ini kita tidak pakai net pot, melainkan botol bekas.
  2. Potong botol bekas menjadi dua bagian. 
    Cara Menanam Hidroponik dengan Botol Bekas
    Cara Menanam Hidroponik dengan Botol Bekas

  3. Beri potongan kain flanel atau sumbu kompor pada mutul botol. 
    Cara Menanam Hidroponik dengan Botol Bekas
    Hiroponik wick

  4. Potong rockwoll kecil-kecil dan buatkah lubang untuk menyemai. 
    Cara Menanam Hidroponik dengan Botol Bekas
    Media tanam hidroponik sederhana: Rockwool

  5. Isilah tiap lubang pada rockwool dengan biji yang Bunda kehendaki. Masing-masing lubang isi dengan 2-3 biji. Basahi dengan air. 
    Cara Menanam Hidroponik dengan Botol Bekas
    Semai Kangkung hidroponik

  6. Dalam fase ini, Bunda hanya cukup mengandalkan air bersih saja tanpa perlu memakai nutrisi hidroponik AB mix. 
  7. Tunggulah biji tersebut sampai berkecambah. Periksa kondisi airnya. Jika media tanam terlihat sedikit kering tambahkan air agar kembali basah. 
    Cara Menanam Hidroponik dengan Botol Bekas
    Kangkung hidroponik berkecambah

  8. Jika sudah mulai muncul daun sejati, Bunda bisa memindahkannya pada pot botol bekas yang sudah Bunda buat tadi dan menambahkan media tanam hidroponik murah seperti sekam bakar agar batang bisa agak kokoh. 
    Cara Menanam Hidroponik dengan Botol Bekas
    Kangkung hidroponik muncul daun sejati

  9. Taruh bagian atas botol pada bagian bawah botol. Pastikan Bagian bawah botol sudah terisi air dan campuran nutrisi hidroponik AB mix. 
  10. Letakkan tanaman hidroponik pada tempat yang terkena sinar matahari langsung untuk menjaga agar tanaman tetap sehat dan tidak kutilang (Kurus, tinggi, langsing).
  11. Terus rawat tanaman hidroponik sederhana di rumah ini dengan baik dan memberinya nutrisi sesuai dengan umur tanaman. 
    Cara Menanam Hidroponik dengan Botol Bekas
    Kangkung hidroponik sederhana

  12. Tunggulah sampai masa panen tiba. 
    Cara Menanam Hidroponik dengan Botol Bekas
    Panen kangkung hidroponik


Mudah kan Bund menanam hidroponik seperhana untuk pemula seperti kita? Jangan lupa libatkan si keci dalam kegiatan ini ya, Bunda. Misalnya, tahap penyemaian, suruhlah anak untuk mengisi biji pada lubang rockwool. 

Di samping mengajarkan tentang menjaga lingkungan, bertanam juga mengajarkan anak untuk lebih telaten dan bersabar dalam mencapai suatu hasil yang diinginkan. 


Asyiknya Mengajari Anak Berkebun dengan Media Tanam Hidroponik Sederhana
Belajar Berkebun Bersama Buah Hati dengan Metode Hidroponik Sederhana di Rumah

Tidak hanya itu, berkebun juga dapat meningkatkan kepuasan diri pada anak terhadap apa yang ia tanam. Diharapkan juga anak-anak akan gemar memakan sayur dan buah ketimbang makanan siap saji yang jelas tidak sehatnya. 

Semoga artikel tentang asyiknya mengajari anak berkebun dengan media tanam hidroponik sederhana ini dapat menginspirasi Bunda sekalian dalam menggali potensi anak. Semoga bermanfaat