Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian MP ASI dan Beberapa Aturan Pemberiannya


Apa saja Persiapan MP ASI, Bagaimana Memulai MPASI dan Apa Saja Syarat dari MPASI

Apa MPASI Itu?

MP ASI. Bagi para Bunda, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah MP ASI. Namun, mungkin tidak semua bunda tahu secara mendetail tentang apa saja MPASI, manfaat MP ASI, serta apa saja persiapan MP ASI.


Pengertian MP ASI

MPASI atau makanan pendamping ASI adalah makanan yang diberikan pada bayi sebagai pendamping ASI. Perlu diingat ya Bunda, hanya pendamping, bukan pengganti ASI. Jadi, ketika Bunda memutuskan untuk memberikan MP ASI pada buah hati, bukan berarti Bunda harus menghentikan pemberian ASI.


Pengertian MP ASI
Pemberian MP ASI


Terus berikan ASI pada anak sampai anak benar-benar sudah siap untuk berhenti ASI, atau paling tidak sampai anak berusia 2 tahunan. Pada saat itu Bunda sudah boleh untuk menyapihnya.


Manfaat MP ASI

Banyak sekali manfaat MP ASI ini, diantaranya:

  1. Mencukupi kebutuhan bayi yang tidak lagi bisa dipenuhi oleh ASI.
  2. Mengenalkan pada bayi tentang makanan dan minuman baru (Selain ASI).
  3. Melatih perkembangan motorik dan emosional pada bayi.


Apa saja Persiapan MP ASI, Bagaimana Memulai MPASI dan Apa Saja Syarat dari MPASI

  • Usia Anak

Untuk bagaimana memulai MPASI, pastikan anak Bunda sudah berusia 6 bulan ke atas. Hal ini dikarenakan pemberian MP ASI yang terlalu dini dapat mengganggu sistem pencernaan. Sehingga bisa menghambat pertumbuhan anak.


  • Cukupi Kebutuhan Gizi

Perhatikan menu MPASI anak. Pastikan pemberian MP ASI dapat mencukupi kebutuhan gizi si anak. Berilah MPASI yang mengandung nutrisi tinggi yang sekiranya tidak dapat diperoleh dari ASI. Seperti protein, lemak, karbohidrat, zat besi, zinc, serta vitamin dan mineral.


  • Kebersihan Peralatan MP ASI

Pengertian MP ASI
Gambar MP ASI peralatan

Selain hal-hal di atas, kebersihan makanan serta tempat membuatan dan peralatan MP ASI juga harus diperhatikan. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan saat hendak membersiapkan MPASI untuk buah hati. Tentunya Bunda tidak mau kan anak bunda sakit hanya karena kurang higienis dalam pemberian MP ASI?


  • Jadwal Pemberian MP ASI

Jangan paksa bayi jika tidak mau makan. Untuk jadwal pemberian MP ASI sendiri sebaiknya konsisten dalam memberikannya. Pahami juga moment di mana anak Bunda merasa lapar dan kenyang. Berilah makan jika bayi mulai menunjukkan sinyal lapar. Serta hentikan jika bayi sudah mulai kenyang.


  • Perhatikan Tahapan Tekstur Menu MPASI Anak

Sebelum memulai MP ASI, bayi hanya mengkonsumsi ASI sebagai makanan sekaligus minuman. Oleh karena itu Bunda harus menyesuaikan tahapan menu MPASI anak dengan tekstur makanan dan umur yang sesuai.


Pengertian MP ASI
Menu MP ASI anak


Untuk MP ASI pertama, Bunda bisa memberikan makanan berupa bubur kental atau makanan lumat halus. Untuk selanjutnya Bunda bisa memberikan makanan saringan kasar atau lumatan kasar.


Nasi tim, makanan cincang halus dan kasar bisa bunda jadikan menu MPASI anak ketika sudah berusia 9-12 bulan. Setelah satu tahun, Bunda sudah bisa memberikan makanan yang sama seperti yang dimakan oleh anggota keluarga lainnya. Namun tetap pastikan, jika makanan tersebut sehat dan bergizi.


Berapa Lama MPASI Bertahan

Rasa malas atau terlalu sibuk memang menjadi kendala tersendiri dalam membuat MPASI yang selalu fresh. Oleh karena itu para orang tua cenderung ingin menyimpan MPASI di kulkas agar tidak capek membuat lagi.


Namun, apakah bunda tahu berapa lama MPASI bertahan di suhu ruangan? Berapa lama MPASI di kulkas?


Dalam suhu ruangan, MP ASI hanya bisa bertahan dalam waktu 2 jam. Jadi, setelah 2 jam jangan berikan kembali MP ASI tersebut pada buah hati, atau buah hati Bunda akan sakit.


Cara Menyimpan Makanan MPASI di Kulkas

Untuk cara menyimpan makanan MPASI di kulkas, pastikan suhu di bawah 5 derajat celcius. Cara menyimpannya pun tidak boleh sembarangan. Simpanlah MPASI di kulkas dengan wadah yang tertutup rapat. 


Cara menyimpan makanan MPASI di kulkas
Cara menyimpan makanan MPASI di kulkas


Lantas, berapa lama MPASI di kukas bisa bertahan? Untuk ketahanan dalam penyimpanan, ini tergantung jenis makanan yang di simpan. Jadi, tidak bisa disama ratakan ya Bunda.


Demikian tadi sedikit ulasan tentang pengertian MP ASI dan hal-hal yang berhubungan dengan MP ASI. Untuk resep MPASI sederhana, cara membuat MPASI dan beberapa menu MPASI kita bahas pada artikel selanjutnya.