Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memotong Kuku Bayi yang Aman

 Cara Memotong Kuku Bayi yang Aman

Cara Memotong Kuku Bayi yang Aman

Memotong kuku bayi. Sama halnya seperti kuku orang dewasa, kuku bayi pun juga perlu untuk dipotong. Apalagi, kuku bayi pertumbuhannya jauh lebih cepat sehingga bunda wajib sering memotongkan kukunya.

Memotong kuku yang terlalu panjang bukan sekadar masalah estetika saja, tetapi juga dapat mencegah masalah yang lebih serius. Yaitu mencegah terjadinya luka cakar yang mungkin saja terjadi walaupun tanpa kesengajaan.

Idealnya, memotong kuku harus dilakukan paling tidak seminggu sekali untuk bagian tangan. Sedangkan untuk kuku bagian kaki, paling tidak dua minggu sekali.

Cara Memotong Kuku Bayi yang Benar dan Aman

Memotong kuku si kecil harus bunda lakukan dengan penuh kehati-hatian. Jangan sampai membuat kukunya menjadi terluka. Langsung saja berikut ini cara gunting kuku bayi yang benar dan aman.

1. Menggunakan Gunting Kuku Khusus Bayi

Gunting kuku yang digunakan untuk memotong kuku si kecil haruslah yang khusus dan berbeda dengan gunting kuku orang dewasa. Sebab, ukurannya pasti berbeda sehingga tidak mungkin diterapkan pada kuku bayi yang sangat kecil.

Cara Memotong Kuku Bayi yang Benar dan Aman
Alat pemotong kuku bayi


Sebenarnya tak hanya dalam bentuk gunting saja, alat potong kuku bayi juga ada yang berbentuk compound lever, kikir kuku bayi, dan file. Pilih sesuai dengan jenis kukunya.

2. Lakukan di Waktu yang Tepat

Menggunting kuku bayi harus dilakukan pada waktu yang tepat. Artinya, jangan dilakukan pada saat si kecil sedang tidak bergerak aktif.

Waktu terbaik untuk memotong kukunya adalah ketika dia sedang tidak banyak bergerak. Atau jika mau paling aman, lakukanlah pada saat bayi sedang tertidur pulas.

Cara Memotong Kuku Bayi yang Aman
Potong kuku bayi saat tidur


Namun, jika bunda terpaksa harus melakukannya saat si kecil sedang bergerak, mintalah bantuan orang lain (suami misalnya) untuk memangku anak supaya tidak terlalu banyak bergerak.

Selain itu, waktu terbaik untuk memotong kuku si kecil adalah setelah ia mandi. Dengan kondisi kuku yang sedikit lebih lunak, membuat bunda lebih mudah untuk memotongnya.

3. Jangan Menggunting Terlalu Dalam

Cara memotong kuku bayi yang aman selanjutnya adalah tidak menggunting kukunya terlalu dalam. Jika hal ini sampai terjadi, jarinya bisa terluka.

Cara Memotong Kuku Bayi yang Benar dan Aman
Cara memotong kuku bayi


Ketika memotong kukunya, tekan bagian ujung jarinya ke arah bawah supaya tidak terkena gunting kuku. Berikutnya, pegang kukunya dengan erat dan gunting secara tipis di atas kuku.

4. Cari Tempat yang Aman dan Nyaman

Pemilihan tempat yang tepat juga harus bunda lakukan jika ingin menggunting kuku secara maksimal. Disarankan untuk memotong kuku bayi pada tempat dengan penerangan yang maksimal, sebab kurangnya cahaya sangat beresiko membuat jari si kecil menjadi terluka.

Cara Memotong Kuku Bayi yang Benar dan Aman
Memotong kuku bayi dengan kikir kuku bayi


Selain itu, bunda jangan sampai terlalu jauh dengan si buah hati. Pangku dia ketika bunda sedang menggunting kukunya.

5. Jauhkan Dari Mata

Cara Memotong Kuku Bayi yang Benar dan Aman
Memotong kuku bayi: Jauhkan dari Mata


Alat pemotong kuku merupakan benda yang tajam, jika sampai terkena mata si kecil tentu sangat membahayakan. Untuk itu, potong kuku bayi harus dilakukan jauh dari matanya supaya tidak tercolok.

6. Persiapkan P3K

Walaupun bunda sudah menerapkan cara memotong kuku bayi dengan benar, yang namanya kecelakaan itu bisa saja terjadi. Jika ini sampai terjadi dan kulit dan kukunya jadi berdarah, tekan perlahan dengan kain kasa atau kapas sampai perdarahannya berhenti.

Cara Memotong Kuku Bayi yang Aman
Sediakan P3K untuk memotong kuku bayi


Biasanya, lukanya akan sembuh dengan sendirinya. Jadi bunda tak perlu memberikan plester pada bagian kukunya.

Bolehkah Memotong Kuku Bayi di Malam Hari?

Sebelum Bunda Kita membahas tentang memotong kuku bayi di malam hari, menurut Bunda sendiri bolehkah memotong kuku bayi di malam hari?

Terlalu banyak mitos seputar dunia 'perbayian', termasuk dengan memotong kuku bayi di malam hari dan larangan memotong kuku bayi sebelum 40 hari. Nenek moyang kita meyakini jika memotong kuku bayi di malam hari akan berdampak buruk, bahkan bisa memperpendek usia.

Jadi, Bolehkah Memotong Kuku Bayi di Malam Hari?

Jawaban dari bolehkah memotong kuku bayi di malam hari adalah boleh, akan tetapi tidak dianjurkan. Hal ini berkaitan dengan sistem penerangan yang buruk di malam hari. Tidak ada hubungannya antara memotong kuku bayi di malam hari dengan pendeknya usia. Itu semua hanyalah mitos.

Memotong kuku di malam hari dengan hanya mengandalkan penerangan dari lampu dikhawatirkan akan melukai jari buah hati. Tidak hanya itu, waktu malam adalah waktu tidur. Jika Bunda mengantuk saat memotong kuku bayi, ini juga akan berakibat lukanya jari mungil si kecil.

Jadi, untuk lebih amannya, mulai sekarang lebih baik memotong kuku bayi di siang hari. Meskipun memotong kuku bayi di malam hari juga tidak dilarang. 


Demikian pembahasan mengenai cara memotong kuku dengan baik, benar serta aman dilakukan. Yang paling terpenting, bunda harus melakukannya dengan yakin, tenang, dan jangan ada sedikit pun keraguan.